Objek wisata di Kuningan Jawa Barat yang harus anda coba

10 Objek wisata di Kuningan Jawa Barat yang harus anda coba

Kuningan merupakan kabupaten yang letaknya berada di Provinsi Jawa Barat, tepatnya berada di timur provinsi Jabar, dan sebelah timur dari kabupaten Kuningan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. 


Topografi Kabupaten Kuningan

Kabupaten Kuningan merupakan kabupaten yang keadaan geografis di pusat kotanya sekitar 500 meteran di atas permukaan air laut. Permukaan tanah di Kuningan relatif datar dengan variasi berbukit terutama di Kuningan bagian selatan dan bagian barat.

Banyak tempat objek wisata di Kuningan yang keren-keren yang sebagian besar merupakan obyek wisata alam, memang tak heran jika di kabupaten Kuningan banyak wisata alamnya, itu semua karena di Kuningan khususnya di sebelah selatan dan barat, topografi nya berbukit-bukit selain itu Kuningan juga memiliki gunung, gunung tersebut bernama gunaung Ceremai yaitu gunung paling tinggi di provinsi Jawa Barat dan status gunung itu masih aktif hingga sekarang.

Nah untuk mempersingkat waktu maka langsung saja saya berikan 10 daftar objek wisata di daerah Kuningan Jawa barat..

1. Lembah Cilengkrang


Lembah Cilengkrang
Lembah Cilengkrang


Merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata di Kuningan Jawa Barat. Objek wisata ini merupakan jenis objek wisata alam yang di dalamnya terdapat kolam pemandian air panas.
Lokasi Lembah Cilengkrang ini terletak di Kecamatan Karamatmulya, Kabupaten Kuningan tepatnya berada di desa Pajambon. 
Luas lahan dari objek wisata ini, yaitu kurang lebih 20 kilometer persegi, selain itu di Lembah Ciremai juga terdapat Curug atau air terjun yang bernama curug Sabuk yang memiliki ketinggian 20 meter, dan curug Sawer yang memiliki ketinggian hingga 75 meter.


2. Curug/air terjun Sidomba

Curug Sidomba merupakan objek wisata yang lokasinya berada di bawah kaki Gunung Ceremai. Bila sobat berlibur ke sini, sobat bisa melihat suasana bersih nan indah di jalan menuju curug atau air terjun dan menuju sungai yang lokasinya memang berada di bawah. Selain itu disana terdapat buper (bumi perkemahan) juga terdapat domba atau kambing yang memiliki tanduk yang banyak dan lainnya.
Lokasinya berada di desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

3. Pemadian air panas Sangkanhurip

Pemandian air panas Sangkanhurip merupakan objek wisata di Kuningan selanjutnya. Lokasi pemandian ini berada di desa Sangkanhurip Kuningan Jawa Barat. Bila anda tempuh dari Kota Cirebon yaitu sekitar 23 kilometer namun bila anda tempuh dari pusat kota Kab kuningan yaitu berjarak sekitar 12 kilometer.
Di sana kita bisa berendam di air panas maupun air dingin, karena memang di pemandian air panas Sangkanhurip ini tidak hanya menyediakan air panas saja namun ada juga air dingin.

4. Waduk Darma

Waduk Darma adalah danau buatan dengan luas yaitu sekitar 425 hektare, yang fungsinya untuk pengairan. Selain untuk pengairan di sana juga terdapat tempat untuk dipakai sebagai objek wisata.
Di objek wisata ini terdapat sarana seperti tempat bersantai ada juga perahu motor dan lainnya yang bisa anda coba di sana.
Lokasinya berada di Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan.

5. Taman kota Kuningan


Taman kota Kuningan
Taman kota Kuningan

Taman Kota Kabupaten Kuningan merupakan tempat wisata yang bisa anda coba, bila anda berlibur di Kuningan. kalau ingin rame ya datangnya malam minggu. Disana kita bisa berwisata kuliner, menaiki sepeda yang dihiasi lampu dan bisa juga kumpul sama teman dan lainnya. Tempatnya berada di pusat kota Kabupaten Kuningan dan tepatnya bersebelahan dengan mesjid agung Kuningan.

6. Bukit Panembongan

Bukit Panembongan merupakan tempat wisata selanjutnya, dan jika anda pergi ke sana maka anda akan disuguhkan pemandangan alam sebelah selatan dari Kabupaten Kuningan. Disana juga telah tersedia warung selain itu ada juga tempat yang bisa dipakai utnuk berfoto. Lokasi Bukit Panembongan ini sendiri berada di desa Tembong.

7. Curug Putri

Merupakan Curug atau air terjun yang lokasinya berada di kaki Gunung Ceremai, tepatnya berada di Palutungan Kecamatan Cigugur. Dikarenakan lokasinya yang berada di kaki gunung maka tidak heran bila jalanan menuju ke lokasi berkelok dan juga menanjak.

8. Lambosir

Lambosir adalah tempat wisata yang lokasinya berada di kaki Gunung Ceremai. nah untuk para pecinta off road maka disini cocok karena jalanya lumayan aspal yang rusak dan ada bebatuan. Selain itu anda juga bisa berkemah di tempat ini.

9. Kolam pemandian umum Cibulan

Cibulan merupakan tempat wisata di Kuningan yang dimana di dalamnya terdapat kolam ikan dewa dan kita juga bisa ikut nyemplung ke dalam kolam bersama ikan. karena memang kolam di Cibulan ini dibuka untuk pemandian umum. Tempat wisata yang mulai diresmikan pada tanggal 27 Agustus 1939 ini merupakan salah satu objek wisata tertua di Kabupaten Kuningan

10. Bukit Paralayang

Di Bukit Paralayang ini sama seperti di bukit Panembongan di desa Tembong tadi diatas, yaitu melihat sebelah selatan Kuningan dan dari ketinggian, namun dengan tempat dan suasana yang berbeda.
Lokasi objek wisata ini berada di Warujimun, Citangtu, Kuningan. Untuk menuju ke bukit paralayang bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam dari Kuningan kota.

Nah itulah 10 Objek wisata di Kuningan Jawa Barat, dan barangkali ada yang pernah sobat kunjungi. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat semua. Dan mungkin bisa dijadikan sebagai tempat wisata untuk sobat, dan mungkin juga bersama dengan keluarga.
salam sukses...





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »