Jembatan Palu IV Serta Kontruksi Bangunannya

Jembatan Palu IV Serta Konstruksi Bangunannya

Assalamuallaikum wr. wb

Jika pada postingan sebelumnya saya sudah menulis artikel tentang Jembatan Suramadu Serta Konstruksi Bangunannya, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan postingan artikel dengan judul  'Jembatan Palu IV Serta Konstruksi Bangunannya'.

Jembatan Palu IV merupakan jembatan yang berada di kelurahan Besusu dan kelurahan Lere, dan menghubungkan antara kecamatan Palu Timur dan Palu Barat.  Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia,

Dibangun pada masa kepemimpinan Amiruddin Panulele yang merupakan gubernur Povinsi Sulawesi Tengah pada masa periode tahun 2001-2006, dari nama Amiruddin Panulele inilah mengapa pada awalnya jembatan ini disebut dengan nama jembatan Panulele.

Untuk peresmiannya sendiri, diresmikan pada tahun 2006 oleh bapak Presiden saat itu yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

Asal nama jembatan Palu IV ini mungkin dikarenakan jembatan ke empat yang menghubungkan antar kecamatan di Palu, karena memang sebelumnya di Palu memang hanya ada tiga jembatan yang menghubungkan antar kecamatan.

Selain jembatannya yang indah kondisi alam di sekitarnya juga indah dan sedap dipandang, sehingga ditempat ini bisa kita jadikan untuk tempat berfoto dengan landskap yang pas tentunya karena alamnya dan jembatannya tadi, dan itu sudah terbukti karena tempat ini memang sering dijadikan untuk tempat berfoto oleh para wisatawan yang hobi berfoto, maka tidak heran bila jembatan ini menjadi primadona bagi masyarakat Sulawesi Tengah dan juga dijadikan sebagai landmark dan ikon bagi kota Palu 

Dan selain itu disini banyak juga warga dari Kota Palu-nya yang singgah pada jembatan ini untuk menikmati keindahan Kota Palu dari atas, dan tentunya tidak sedikit pula ada yang mengabadikan pada jepretan kamera, juga memamerkan pada jejaring sosial.

jembatan ini indah pada sore hari juga pada malam hari, jembatan ini akan sangat indah karena diiringi lampu yang menyala yang menerangi jembatan, sehingga suasananya akan semakin hidup lagi.

Jembatan Palu IV Serta Kontruksi Bangunannya
Jembatan Palu IV

Konstruksi Bangunan

Jembatan ini memiliki panjang jembatan utama sepanjang 250 meter, lebar jembatan 7,5 meter dan memiliki tinggi, pada titik paling tinggi lengkung jembatan 20,2 meter bila diukur dari badan jembatan.

Jembatan yang indah ini adalah jenis jembatan lengkung dan merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah sebelumnya telah di bangun di Negara Jepang dan Negara Perancis.


Karena memang suatu jembatan itu keberadaanya bisa sangat dibutuhkan, demi kelancaran suatu kegiatan baik itu ekonomi, pembangunan dan lainnya maka saya harap, pembangunan jembatan dapat dibangun pada seluruh daerah yang ada di negeri ini negara Indonesia dan semoga bangunanya kokoh, dan untuk jembatan yang sudah selesai dibangun semoga bila memang diperlukan perawatan semoga perawatannya baik sehingga kondisi jembatan terjaga.

Nah itulah sekilas tentang jembatan  Palu IV dan semoga dapat menambah wawasan dan juga semoga bermanfaat bagi semua.

Wassalamuallaikum wr.wb

Salam Indonesia maju


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »