Gedung UOB Plaza salah satu gedung dengan gaya unik di Indonesia

Gedung UOB Plaza salah satu gedung dengan gaya unik di Indonesia


Gedung pencakar langit memang telah banyak bertebaran khususnya di Jakarta. Menurut saya mungkin pembangunan gedung di Indonesia setiap tahun selalu ada dan mungkin setiap bulan atau setiap hari. Bisa jadi ada saja kontraktor yang sedang membangun gedung, bertingkat. Dan yang paling banyak proyek pembangunan gedung bertingkat di Indonesia kayaknya memang di ibukota Indonesia ini yaitu jakarta.

Geduung-gedung yang dibangun memang tidak semuanya sama terdapat perbedaan, misalnya saja pada jumlah lantai yang dimiliki gedung tersebut, tinggi bangunan gedung, atau pada keunikan yang terdapat pada gedung tersebut yang mungkin bisa menjadikan sebagai pembeda, juga dapat dijadikan sebagai tanda pengenal. Mudah dikenali karena misalnya keunikan dari bangunanya tersebut yang memang jarang atau mungkin tidak ada yang sama dengan gedung lainnya, karena unik dan keindahanya, atau bisa juga kemegahannya dan juga bisa dari lainya.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu gedung di Indonesia tepatya berada di kota Jakarta, yang memang menurut saya arsitektur bangunannya memiliki keunikan tersendiri dan terlihat beda dari bangunan gedung di sekitarnya, Gedung yang saya maksud adalah UOB Plaza.

Gedung ini adalah gedung bertingkat dan memiliki jumlah lantai sebanyak 41 lantai, Tadinya si, gedung ini akan dipergunakan sebagai hotel namun dikarenakan ada sesuatu hal yang menyebabkan gedung ini menjadi UOB Plaza seperti yang bisa kta lihat sekarang.

Gedung UOB Plaza salah satu gedung dengan gaya unik di Indonesia
Gedung UOB Plaza


UOB sendiri merupakan singkatan dari United Overseas Bank Limited, merupakan salah satu bank di Singapura. Bank UOB ini didirikan oleh Datuk Wee Kheng Chiang, ayah di Ketua United Overseas Bank Group  pada 6 Agustus 1935.

Gedung ini memiliki warna kaca yang berwarna biru, dan warna biru ini mendominasi warna  dari gedung cantik ini. Yang unik dari arsitektur bangunan pada gedung UOB Plaza ini adalah terlihat dari bentuk bangunannya yang mengingatkan kita dengan permainan yang cukup terkenal yaitu permainan lego. Dapat kita lihat dari geduung tersebut bahwa terdapat suatu tonjolan-tonjolan yang menjorok ke luar sehingga terlihat seperti tidak menempel permanen. Sehingga dari bentuknya tadi kita bisa melihat bahwa gedung ini mirip dengan lego yang telah disusun sedemikia rupa.

Berdasarakan situs wikipedia, gedung pencakar langit ini memiliki 41 lantai dengan ketinggian 195 meter, Pembangunanya sendiri selesai pada tahun 2009.

Nah itulah mungkin sekilas tentang salah satu gedung unik di Kota Jakarta. Semoga dapat menghibur dan dapat menambah pengetahuan sobat. Sebenarnya memang tidak hanya satu gedung bertingkat di Indonesia yang memiliki keunikan yang tentunya tidak biasa dan berbeda dengan kebanyakan bangunan gedung lainnya, namun itu mungkin akan saya bahas pada lain kali juga bila ada kesempatan.

Majulah terus negaraku Indonesia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »