9 Manfaat Pare Untuk Kesehatan

9 Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Pare merupakan jenis buah-buahan, namun banyak yang mengatakan bahwa pare adalah sayuran. Buah ini biasanya diolah menjadi masakan karena memang rasanya yang pahit.

Peria atau pare adalah jenis tumbuhan merambat, dan memiliki buah yang panjang juga runcing pada ujungnya, selain itu pada bagian luar buah pare ini permukaanya bergerigi. Peria cocok tumbuh di dataran rendah dan bisa ditemukan tumbuh liar di tanah telantar, dibudidayakan, tegalan, atau ditanam di halaman dengan dirambatkan ke pagar. Bunga pada tumbuhan ini merupakan bunga tunggal, berkelamin dua pada satu pohon, mahkotanya berwarna kuning dan bertangkai panjang. Buahnya bulat dan memanjang.

Mungkin diantara anda, ada yang suka dan juga ada yang tidak suka dengan pare karena memang rasanya tadi yaitu pahit. Tapi jangan salah meskipun rasa dari buah pare ini memang terasa pahit namun di dalamnya mengandung gizi, yang tentunya dapat menyehatkan tubuh.

Selain itu pare juga sering digunakan sebagai obat untuk mengobati beberapa macam penyakit yang berbahaya. Bila anda ingin mengetahui khasiat dari buah pare ini maka berikut saya tuliskan khasiat atau manfaatnya di bawah ini:

9 Manfaat Pare
Pare


1. Obat Diabetes

Buah pare ini mengandung hipoglikemik yang gunanya sebagai penurun gula dalam darah, nah bagi penderita diebetes penurunan gula darah ini proses yang dibutuhkan dan penting, supaya kadar gula di dalam tubuh bisa normal kembali. maka cobalah mengkonsumsi buah pare ini dengan teratur.

2. Dapat mengobati Disentri

Manfaat dari buah pare yang berikutnya yaitu dapat mengobati penyakit disentri. Disentri merupakan infeksi pada usus yang dapat mengakibatkan diare dengan disertai darah atau lendir. Diare adalah buang air besar encer dengan frekuensi melebihi biasanya. Selain diare, gejala disentri yang lainnya meliputi kram perut, muntah atau mual, serta demam.
Cara untuk mengobatinya adalah dengan membuat jus dari buah ini, anda dapat membuat dan juga meminumnya setiap hari secara teratur. Maka penyakit disenteri anda akan mulai membaik.


3. Melegakan Nafas

Pare ini rasanya pahit, nah rasa pahit dalam pare inilah yang akan membuat indera pengecap yang ada pada mulut kita menjadi terbuka, terutama sel-selnya. Manfaat pare tersebut akan membuat rongga pernafasan anda juga terbuka lebar, sehingga bisa lebih melegakan saat anda bernafas

4. Mengatasi Diare

Diare merupakan suatu penyakit yang pada umumnya pada anak-anak dan orang dewasa disebabkan oleh infeksi usus. Infeksi usus dapat terjadi ketika mengonsumsi minuman atau makanan yang kotor dan terkontaminasi. Mikroorganisme yang biasanya sering menyebabkan infeksi usus adalah bakteri, parasit, dan virus misalnya rotavirus dan norovirus.
Nah salah satu solusinya adalah dengan mengkonsumsi buah pare. Karena buah pare ini bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi diare, bila anda memakannya, juga selain itu jangan lupa untuk diimbangi dengan meminum air putih, supaya anda terhindar dari dehidrasi.

5. Mengobati Cacingan

Pada buah pare yang  dapat dipakai obat untuk mengobati cacingan adalah pada bagian bijinya, caranya adalah dengan mengambil beberapa biji buah pare dan kemudian menghaluskannya, setelah itu tambahkan air putih hangat dan tinggal diminum dengan teratur. Anda juga bisa menambahkan madu pada ramuan tadi, Biasanya objek yang sering terkena penyakit cacingan ini adalah anak-anak.

6. Sebagai antioksidan alami

Buah pare juga bisa dijadikan sebagai antioksidan alami, Buah pare mengandung vitamin c yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan demikian dapat mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh, karena sudah terikat oleh antioksidan alami yang ada pada buah pare.

7. Dapat mengobati penyakit kulit

Bila anda mengkonsumsi jus buah pare secara teratur maka dapat berperan untuk mengobati berbagai penyakit kulit diantaranya seperti penyakit infeksi kulit, eksim. serta dapat mencegah perkembangbiakan cacing cincin di dalam tubuh.

8. menghitamkan rambut.

Buah pare dapat menghitamkan serta mengilaukan rambut. Cara untuk mengkilaukan dan menghitamkan rambut menggunakan buah pare tersebut cukup mudah yaitu dengan cara jus buah pare secukupnya, tambahkan yogurt lalu oleskan pada rambut setelah itu diamkan selama sekitar 30 menit, lalu tinggal dibilas dengan air sampai bersih.

9. pembasmi ketombe 

Pare juga dapat dijadikan sebagai  penghilang atau pembasmi ketombe. caranya sama dengan cara menghitamkan rambut di atas, sehingga bisa juga menghitamkan rambut dan sekaligus membasmi ketombe langsung secara bersamaan

Perhatian bagi ibu hamil dan menyusui, harus berhati-hati ketika mengkonsumsi buah pare ini atau bisa lihat aturanya terlebih dahulu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah itulah manfaat buah pare yang mungkin dapat menambah pengetahuan bagi anda semua, dan selamat mencoba



Mari jadikan Indonesia sehat


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »