Sejarah Proses Perkembangan Komputer Hinnga saat ini

Sejarah Proses Perkembangan Komputer Hingga Saat Ini


Sejarah Proses Perkembangan Komputer Hingga Saat Ini
komputer

Komputer merupakan barang yang tidak aneh lagi buat kita, dikarenakan sekarang ini komputer bisa disebut sebagai kebutuhan primer khususnya bagi orang-orang kantoran, mahasiswa, Komputer memang memberikan banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Dengan adanya komputer ini kita bisa melakukan bannyak hal, Sehingga membuat semakin bertambahnya pengguna komputer di dunia ini.
Di balik itu semua pasti ada sejarah yang mengawali terciptanya komputer. Dari yang awalnya berukuran besar hingga menjadi sekarang dengan teknologinya semakin canggih dan komponen-komponennya semakin kecil.

Dibawah ini saya akan jabarkan sejarah komputer dari mulai komputer generasi pertama hingga komputer generasi kelima :

1. Komputer Generasi Pertama (pada tahun 1946-1959)

Komputer Generasi Pertama (pada tahun 1946-1959)
Komputer Generasi Pertama (pada tahun 1946-1959)


ENIAC atau singkatan dari Electronic Numerical Integrator and Calculator merupakan komputer yang ukurannya sangat besar yakni memiliki panjang mencapai 30 meter, tinggi 2,4 meter, dan memiliki bobot mencapai 30 ton. Dengan ukuran sebesar itu maka daya listrik yang dibutuhkan juga besar hingga mencapai 174 kilowatts. Dan ENIAC ini merupakan komputer elektronik pertama di dunia.

Komputer ini menggunakan tabung hampa udara yang digunakan untuk penguat sinyal namun, yang terbuat dari kaca, namun  tabung kaca hampa udara ini memiliki kelemahan yakni mudah pecah dan juga cepat menyalurkan panas,

Untuk kapasitas penyimpanan data pada komputer generasi pertama ini sangat kecil dan juga terbatas. Program komputer generasi pertama ini dibuat dalam bahasa mesin.



2. Komputer Generasi Kedua (Lahir pada era tahun 1960-an)

Komputer generasi kedua ini mulai merubah ukurannya menjadi lebih kecil, penyebabnya yakni dikarenakan pada waktu itu telah ditemukan transistor, yang sangat mempengaruhi komputer pada waktu  itu. Sehingga pada Komputer generasi kedua ini tabung hampa udara yang berada seperti pada komputer generasi pertama diganti dengan transistor ini.
Selain transistor tadi, penemuan lainnya pada komputer generasi kedua ini yaitu pengembangan memori inti-magnetik. Sehingga pada komputer generasi kedua memiliki banyak kelebihan, dari mulai ukurannya yang lebih kecil, pemrosesanya yang lebih cepat dan tentunya listrik yang dibutuhkan berkurang sehingga lebih hemat energi.
Pada komputer ini program dapat dibuat dengan hugh level language atau bahasa tingkat tinggi, contohnya ALGOL


3. Komputer Generasi Ketiga (Lahir pada tahun 1964-1970-an)

Pada komputer generasi ketiga mulai ditemukannya IC (Integrated Circuit). 
IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments Farirchild Semiconductor pada tahun 1959 yang berisi enam Transistor. berbeda jauh dengan prosesor yang kita gunakan pada saai ini yakni memiliki jutaan hingga ratusan juta transistor

Kelebihan dari komputer generasi ketiga dibandingkan generasi sebelumnnya diantaranya yaitu,
  • Kapasitas penyimpanan data (memori) lebih besar hingga dapat menyimpan ratusan ribu karakter, yang dulunya hanya bisa sampai puluhan ribu karakter
  • pada komputer generasi ketiga ini sudah menggunakan media penyimpanan luar, yang disebut dengan nama disket magnetik dengan kapasitasnya yang besar mencapai jutaan karakter
  • daya listrik yang dibutuhkan sedikit (hemat energi listrik)
  • Sudah dapat mengeluarkan suara
  • Dari software sudah ada peningkatan
  • Dan juga kinerja komputer lebih cepat dan tepat karena ditemukannya IC tadi.

4. Komputer Generasi Keempat (1970-1980)

Yang membedakan komputer generasi keempat dengan komputer generasi ketiga diantaranya yaitu pada IC-nya yang lebih kompleks dan terintegrasi. Pada sejak waktu itu, tepatnya pada era tahun 1970-an ada dua perkembangan yang pada saat itu dianggap sebagai komputer generasi keempat. Pertama penggunaan LSI (Large Scale Integration) yaitu pemadatan beribu-ribu IC dan dijadikan satu di dalam sebuah Chip. Selanjutnya adanya Komputer mikro yang menggunakan mikroprocessor dan semikonductor yang berbentuk Chip.


5. Komputer Generasi Kelima


Komputer generasi ke-5 merupakan komputer yang dipakai kita saat ini. 
Pada awal komputer generasi kelima ini ditandai dengan adanya LSI (Large Scale Integration), Selain LSI tadi, pada komputer generasi kelima juga ditandai dengan munculnnya micropocessor dan juga semikonductor.
Dan pada tahun 1980-an IBM mulai memutuskan untuk membuat sebuah komputer personal (atau sering disebut juga PC) secara massal.
Komputer generasi kelima ini dari waktu-kewaktu semakin canggih. Dari sisi dimensi bisa semakin tipis dan dari sisi bobot juga semakin ringan, sehingga nyaman dibawa untuk bepergian kemanapun jika anda membutuhkannya. Selain itu pemrosesan data juga semakin cepat dan ukuran penyimpanan data pada memori bisa semakin besar.

Itulah tadi artikel tentang sejarah proses perkembangan komputer dari dulu hingga saat ini. Semoga dapat memberikan manfaat kepada yang membaca, dan saya juga berharap semoga teknologi di Indonesia kita ini khususnya pada bidang komputer  semakin maju dan dapat bersaing di tingkat dunia.


sumber: Masterz Seo

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »