Jembatan Suramadu Serta Konstruksi Bangunannya

Jembatan Suramadu Serta Konstruksi Bangunannya


Assalamuallaikum wr.wb

Di dunia ini banyak jembatan-jembatan yang tersebar dan dari kesemuanya itu memiliki berbagai perbedaan dan bisa juga memiliki keunikannya masing-masing.
Salah satu yang dapat membedakan antara jembatan satu dengan yang lainnya adalah misalnya bisa dilihat dari tinggi suatu jembatan, bisa juga panjang suatu jembatan ada jembatan yang ukurannya pendek ada juga yang ukuran atau jaraknya panjang, bahkan ada yang mencapai puluhan kilometer.

Di Indonesia sendiri, tentunya banyak tersebar jembatan yang digunakan sebagai alat untuk melewati suatu rintangan. Salah satu jembatan yang ada di Indonesia yaitu jembatan Suramadu yang sampai saat ini merupakan jembatan penghubung antar pulau paling panjang di Indonesia.

Seperti yang tadi saya telah katakan, bahwa jembatan Suramadu merupakan jembatan penghubung antar pulau terpanjang di Indonesia sampai hari ini (saat artikel ini dibuat), jembatan megah ini memiliki panjang hingga hampir mencapai 5.5 km. dengan anggaran biaya pembangunan hingga 4.5 triliyun, dan sedikitnya menghabiskan 50.000 ton besi dan 650.000 ton beton. Berdasarkan namanya jembatan Suramadu atau singkatan dari jembatan Surabaya Madura adalah jembatan yang menghubungkan antara Surabaya di pulau Jawa dengan pulau Madura, jembatan ini juga melintasi selat Madura. Selain panjang, jembatan ini juga memiliki lebar jembatan dan lebarnya yaitu sepanjang 30 meter dan memiliki tinggi yaitu 146 meter.

Jembatan ini akan terlihat biasa bila dilihat pada siang hari, namun akan berubah pada malam hari karena jembatan ini bisa dipenuhi oleh pancaran sinar lampu yang berwarna-warni.

Awal pembangunan jembatan ini diresmikan oleh presiden yang menjabat saat itu yaitu Megawati Soekarnoputri pada tahun 2003 dan pembukaannya diresmikan oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009. Dibangunnya jembatan Suramadu ini bertujuan sebagai upaya untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura.


Konstruksi Bangunan

Kontruksi Jembatan Suramadu
Konstruksi Jembatan Suramadu
Terdiri dari 36 bentang untuk sisi Surabaya dan memiliki 45 bentang untuk sisi Madura dan memiliki panjang masing-masing 40 meter. Konstruksi bangunan bagian atas menggunakan PCI Girder sedangkan pada bagian bawah menggunakan pondasi pipa baja dengan diameter 60 cm dan panjang rata-rata 27 meter untuk sisi Madura dan 25 meter untuk sisi Surabaya.

Kondisi jembatan terdiri dari pondasi bored pile 2,4 m dan panjang sekitar 80 m. Memiliki dua Pylon kembar dengan ketinggian 140 meter dan lantai komposit double plane yang ditopang dengan cable stayed.


Nah itulah sekilas tentang Jembatan Suramadu serta konstruksi bangunannya, semoga dengan adanya jembatan Suramadu ini dapat membuat wilayah yang ada di pulau Madura dapat lebih maju lagi dan semoga perawatan jembatan Suramdu baik sehingga konstruksi jembatan ini bisa terus terjaga juga tahan lama.

Dan sekian dari saya wassalamuallaikum wr. wb

Saya bangga dengan Indonesia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »