10 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

10 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Jiwa dan Raga


Berenang merupakan suatu gerakan pada saat kita bergerak di air. Berenang seringkali dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan berenang bisa dimanfaatkan sebagai rekreasi dan  olahraga. Kegiatan ini digunakan sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain di air, mandi, mencari ikan,  atau melakukan olahraga air. Sedikit informasi perlombaan berenang telah dilakukan di Eropa sekitar tahun 1800 an.

Olahraga ini selain mengasyikan tentunya terdapat manfaat yang bisa kita dapatkan, bila kita melakukannya. Baik itu untuk kesehatan jiwa maupun raga, nah untuk mempersingkat waktu maka langsung saja di bawah ini tentang 10 manfaat dari berenang untuk kesehatan jiwa dan raga.



Manfaat dari Berenang Untuk Kesehatan Jiwa dan Raga
Berenang


1. Dapat menurunkan kolesterol dan meningkatakan HDL

Manfaat berenang yang pertama adalah bisa menurunkan kolesterol. Kolesterol yang tinggi tentu bisa mengkhawatirkan bagi kesehatan, karena bisa beresiko terkena penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, berenang inilah salah satu solusi untuk menurunkan kolesterol.
Selain itu berenang juga dapat meningkatkan HDL (kadar kolesterol baik. Penelitian juga sudah menunjukan bahwa latihan aerobik seperti berenang, juga bisa menjaga endotelium anda sehingga kondisinya baik. sedikit informasi endotelium merupakan lapisan tipis sel-sel melapisi arteri pada tubuh.

2. Dapat mengurangi terkena penyakit diabetes

Untuk seorang pria telah dilakukan penelitian bahwa dengan waktu hanya 30 menit dengan melakukan renang gaya dada dalam tiga kali dalam satu minggu, anda dapat membakar 900 kalori dan mengurangi risiko diabetes tipe dua sampai lebih dari 10 %, sedangkan bagi wanita olahraga berat sekali seminggu  (seperti jenis yang berasal dari sesi melakukan renang kuat) menurunkan risiko pada diabetes tipe dua sebesar 16%.

3. Dapat meningkatkan semangat, mengurangi stres, dan membuat kinerja otak meningkat sehingga kinerjanya lebih baik

Bayak kerugian bila orang yang sering memikirkan hal yang tidak perlu, diantaranya penyakit stres, dimana si penderita merasakan yang namanya ketidak nyamanan di dalam pikirannya karena suatu masalah tertentu. Stres juga dapat menghilangkan sel-sel yang tentu diperlukan untuk tubuh kita.
Telah dilakukan suatu penelitian dan telah menunjukan bahwa ternyata benar, berenang bisa mengubah otak  menjadi lebih baik. Dimana dengan kegiatan berenang, itu bisa menggantikan sel-sel yang hilang akibat stres tadi.


4. Sebagai cara alternatif untuk mempercepat dalam penyembuhan saat cedera

Bila atlit cedera mereka sering diperintahkan untuk berenang, sehingga dapat menjaga tingkat kebugaran pada tubuh mereka, itu terjadi karena saat kita berenang hambatan air akan membuat otot-otot bekerja dengan keras tanpa ketegangan. Bila sobat terkena cedera, tidak ada salahnya untuk mengikuti seperti yang telah djilakukan para atlit tersebut.

5. Meningkatkan kelenturan tubuh

Berbeda dengan mesin latihan yang ada di pusat kebugaran, yang condong kepada mengisolasi suatu bagian badan, renang menempatkan badan melalui berbagai gerakan yang mendukung sendi dan ligamen tetap fleksibel dan longgar. Berenang dapat membantu memberikan peregangan yang baik dari mulai kepala sampai kaki.

6. Dengan berenang maka jantung akan sehat

Dengan berenang akan membuat jantung kita lebih efisien pada saat memompa darah, sehingga dapat menyehatkan jantung.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Counsilman Center for the Science of Swimming Human Performance Laboratory di Indiana University, yang membahas tentang olahraga renang, bahwa orang yang suka berenang, akan lebih rendah terkena penyakit jantung. Dan olahraga renang ini juga sangat baik untuk proses penyembuhan penyakit jantung.

7. Untuk membakar kalori

Renang ini dapat membakar kalori pada tubuh kita, dan telah diakui bahwa olahraga renang merupakan salah satu pembakar kalori paling besar. sehingga jangan heran, bahwa dengan berenang itu bisa mengontrol berat badan. Maka sobat juga tidak perlu khawatir dengan namanya obesiatas.

8. Bisa mengurangi gejala penyakit asma

Manfaat berenang selanjutnya yakni dapat mengurangi gejala penyakit asma. Selain mengurangi gejala penyakit asma, pada beberapa studi juga sudah menunjukan bahwa berenang bisa menyembuhkan berbagai masalah pada pernafasan yang lainnya, seperti misalnya mendengkur.

9. Dapat membentuk juga menguatkan otot

Dikarenakan kepadatan air itu 12 kali lebih tinggi dari udara, sehingga berenang adalah olahraga yang bagus untuk otot anda, anda bisa melakukan latihan kardio dan saat bersamaan juga dapat sekaligus membentuk otot.

10. Dapat membuat hidup lebih panjang

Meskipun hidup itu hanya Allah SWT yang telah menentukan. Namun dengan olahraga yang benar, itu tandanya kita telah berusaha untuk hidup sehat, sehingga mengurangi resiko terkena suatu penyakit dan bisa mengurangi resiko kematian akibat jarang berolahraga. Dan dengan kita melakukan olahraga maka tubuh akan bugar dan sehat juga tentunya.


Nah itulah artikel kali ini yang saya bagikan tentang 10 Manfaat dari Berenang Untuk Kesehatan Jiwa dan Raga dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. dan semoga bisa menjadikan bangsa Indonesia khususnya, untuk lebih sehat lagi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »