7 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan dan Untuk Kulit

7 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan dan Untuk Kulit


7 Manfaat Dari Buah Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Buah tomat

Halo sobat, kembali lagi dengan saya yang pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 7 manfaat buah tomat untuk kesehatan dan untuk kulit.

Buah tomat yang memiliki nama binominal Solanum lycopersicum, merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae, yang merupakan tumbuhan asli dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah, dari Meksiko sampai Peru. Tumbuhan tomat ini adalah tumbuhan yang siklus hidupnya singkat.
Batang dan daun tomat ini tidak bisa dikonsumsi karena masih satu keluarga dengan terung dan kentang yang mengandung Alkaloid. Alkaloid merupakan sebuah golongan senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat pada tumbuhan (tetapi ini tidak mengecualikan senyawa yang berasal dari hewan).

Buah tomat ini sudah lama dibudidayakan di indonesia. Buah ini adalah buah yang mudah busuk, sehingga harus cepat dimakan atau menggunakan perlakuan khusus dengan cara dibekukan dengan beberapa langkah yaitu  diawali dengan cara pemilihan, lalu pencucian, perebusan, perendaman , setelah itu pengusapan, dan diakhiri tentunya dengan pembekuan di dalam lemari es.

Mungkin sebagian dari sobat ada yang tidak atau kudrang sukan dengan buah tomat ini, nah sebaiknya sobat berusaha untuk dapat menyukai dan mengkonsumsinya, karena pada buah tomat ini mengandung beragam manfaat yang berguna sebagai pemelihara fungsi organ tubuh, dan juga memperlacar sistem yang sedang beraksi. Kandungan yang paling banyak pada buah tomat ini yaitu vitamin c dan air. 

Selain sebagai lalap sayuran atau sebagai bahan pembuat sambal. di dalam buah ini juga terdapat manfaat untuk kesehatan yang sobat bisa lihat pada tulisan di bawah ini.

Berikut Manfaat Dari Buah Tomat Untuk Kesehatan :

1. Dapat menurunkan berat badan 

Untuk mengurangi banyaknya lemak yang menumpuk pada tubuh, dibutuhkan berbagai upaya misalnya olahraga dan mengatur pola makan.

Apabila sobat sudah berolahraga namun berat badan tidak kunjung menurun, coba sobat bantu dengan mengkonsumsi buah tomat secara rutin pada saat sebelum latihan..Tomat ini didalamnya mengandung tinggi protein, karbohidrat dan kalori. yang berperan penting dalam masalah pada berat badan.

2. Bisa membetuk otot

Memang bila seorang pria memiliki otot yang berisi akan terlihat lebih keren. oleh karena itu mungkin banyak diantara sobat laki-laki sekalian yang ingin mempunyai otot yang terbentuk. Nah mungkin diantara sobat ada yang melatih otot sobat dengan pergi ke gym atau hanya latihan di rumah, setelah anda olahraga untuk melatih otot anda juga harus meluangkan waktu untuk beristirahat dengan cukup yaitu istirahat pada saat tidur, otot yang telah rusak tadi akan disusun kembali dengan bentuk yang lebih sempurna, yang dipengaruhi juga oleh beberapa jenis pada makanan.
Buah tomat adalah salah satunya, yaitu yang dapat menunjang pembentukan otot, ini karena buah tomat memiliki banyak protein, maka anda disarankan pada saat sebelum dan sesudah latihan untuk memakan sepotong tomat supaya memperbesar peluang keberhasilan pembentukan otot atletis yang anda inginkan.

3. Menyehatkan mata

Tomat ini sudah dikenal bahwa bermafaat sebagai buah yang dapat menyehatkan mata karena di dalam buah tomai ini mengandung banyak vitamin A, ditambah dengan nutrisi lainya misalnya thiamine, niacin dan asam folat, yang satu sama lain bekerja sama dalam penyembuhan pada penyakit mata.

4. Mengontrol gula darah 

Gula darah dalam tubuh harus normal dan tidak boleh melebihi batas yang wajar. Dalam setiap tahunnya penyakit gula darah selalu bertambah. Penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya karena pernyakit ini beresiko menyebabkan ksematian. Tomat ini merupakan sumber alami kromium yang dibutuhkan oleh tubuh supaya kadar gula darah tidak terjadi pelonjakan.

5. Dapat menstabilkan kerja jantung

Tomat ini dapat menstabilkan pekerjaan jantung yang kerjanya memompa darah, itu  dapat terjadi karena pada sepotong buah tomat ukuran sedang memiliki sekitar 235 mg kalium yang berguna untuk mengontrol denyut jantung dan membuatnya stabil. Jantung adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang bisa memompa darah melalui pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, terletak di rongga dada agak sebelah kiri.

6. Mengatasi kulit berminyak

Selain itu tomat juga dapat mengatasi kulit berminyak, langkahnya yaitu dengan cara buatlah jus dari 2 potong tomat lalu dicampurkan dengan jus mentimun sebanyak 4 sendok makan, lalu oleskan pada wajah caranya yaitu dengan mengoleskan menggunakan kapas, kemudian diamkan sampai kering setelah itu bilas. Lakukan secara rutin supaya minyak pada wajah lebih terkontrol dan pori-pori pada wajah ikut mengecil.

7. Mencerahkan kulit

Pasti sobat semua ingin memiliki kulit yang cerah, nah buah inilah yang bisa dijadikan solusi. Caranya yaitu, pertama dengan menyiapkan satu atau dua potong buah tomat yang kondisinya segar, iris dengan ukuran yang cukup tebal, dan gunakan irisan tadi untuk menggosok wajah secara merata. Lakukan secara rutin dalam satu minggu.


Nah itulah 7 Manfaat Dari Buah Tomat Untuk Kesehatan dan untuk kulit. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua, selamat mencoba.

Mari Jadikan Indonesia sehat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »