Cara membuat dan memasang link pada blog

Cara membuat dan memasang link pada blog

Link berasal dari bahasa Inggis dan dalam bahasa Indonesia link sama artinya dengan tautan, mata rantai, hubungan, sambungan, relasi atau sinonim lainnya dengan pengertian yang sama, artinya ada sesuatu hal yang saling terkait.

Pada dunia blogging link merupakan hubungan antar halaman, misalnya saja suatu postingan dapat terhubung dengan postingan lain, suatu halaman dapat terhubung ke halaman lain.

Ada beberapa cara untuk menuju link atau tautan yang kita sisipkan yaitu bisa dengan menggunakan teks, gambar dan tombol. Namun Pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas tentang membuat dan memasang link menggunakan teks. Caranya cukup mudah, anda bisa lihat untuk caranya di bawah ini.

Namun sebelumnya ada informasi sedikit bagi sobat yang sangat baru di dalam dunia blogging, yaitu disini saya akan menerangkan dengan menggunakan 2 metode. Metode yang dimaksud yaitu metode menggunakan mode HTML dan menggunakan Compose, yang anda bisa atur mode tersebut pada saat anda berada di halaman atau area untuk mengetik artikel pada Blogger, lokasi tombolnya berada di sebelah kiri atas tepatnya di bawah nama blog sobat.

Dengan menggunakan mode HTML

Metode HTML merupakan metode yang cara membuatnya memerlukan keahlian dan pengetehuan lebih karena pada mode ini didalamnya mengunakan kode HTML. Namun pada cara membuat link kali ini, caranya cukup mudah, karena anda tinggal ikuti langkah-langkahnya herikut ini.

kode yang dipakai untuk membuat link yaitu :

<a href="alamat url">Teks/gambar yang dijadikan sebuah link</a>

Terlihat pada kode di atas ada yang berwarna merah gantilah tulisan yang berwarna merah tersebut dengan tujuan tautan sobat, dan juga teks gambar yang akan dijadikan link

Misalya <a href="rorojongkrang@blogspot.com">cara  bermain bola</a>

maka hasil tulisan yang akan muncul menjadi pintu menuju kepada link yang kita sisipkan yaitu cara bermain bola namun itu hanya contoh.

Supaya link dibuka pada tab baru

caranya yaitu tambahkan kode "target=_blank".
Contoh:

<a href="alamat url" target="_blank">cara bermain bola</a>

selesai maka link akan dibuka pada tab baru.



Dengan menggunakan metode Compose


Untuk metode yang ke dua juga mudah, anda hanya perlu mengarahkan pointer kepada ikon yang bertuliskan link, lokasinya berada pada bagian atas

Cara membuat dan memasang link pada blog
ikon link
Setelah di klik maka akan muncul tampilan seperti gambar yang berada di bawah ini:


Cara membuat dan memasang link pada blog
kotak dialog edit link pada blogger


Pada bagian atas di gambar terlihat tulisan text to display maka sobat isi dengan teks yang akan menjadi suatu yang bisa di klik, sehingga bisa menuju kepada alamat url yang sobat sisipkan.

ada juga tulisan "web adress" maka sobat isi dengan alamat url link yang sobat pilih.

email adress, yaitu untuk membuat link yang tujuannya untuk mengirim e-mail.

Open this link in a new window yaitu bila kita centang maka juka ada yang mengklik link tadi maka akan di buka pada tab baru.

Add 'rel=nofollow' attribut yaitu untuk menambahkan suatu atribut atau iformasi tambahan untuk link yang kita buat kepada mesin pencari supaya tidak melacak link yang kita buat itu di mesin pencarian.

Nah mungkin sekian tentang cara membuat dan memasang link pada blog, semoga dapat bermanfaat dan bisa membatu sobat yang sedang membutuhkan informasi tentang cara membuat link pada blog.

Salam Indonesia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »