Stadion Wibawa Mukti, salah satu stadion Termegah di Indonesia

Stadion Wibawa Mukti, salah satu stadion Termegah di Indonesia

Stadion Wibawa Mukti, salah satu stadion Termegah di Indonesia


Stadion Indah dan megah merupakan kebanggaan bagi setiap klub yang menempatinya (kandang sebuah klub) atau bisa juga kebanggaan bagi warga daerah atau bahkan warga negara dimana stadion itu berada, karena mungkin dengan kemegahan tersebut, bisa lebih menunjukan kepada daerah lain bahwa di daerah kita mempunyai bangunan yang hebat.

Nah pada kali ini iniitukeren akan membagikan artikel tentang salah satu stadion megah di Indonesia, lokasinya berada di Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yaitu Stadion Wibawa Mukti.

Berdasarkan dari situs https://id.wikipedia.org/Stadion yang begitu indah ini direncanakan akan menjadi kandang untuk klub sepak bola Persikasi dari Kabupaten Bekasi untuk masa yang akan datang. Stadion ini mempunyai kapasitas penonton kurang lebih bisa menampung hingga 40.000 orang.

Selain itu Stadion Wibawa Mukti juga mempunyai akses transportasi yang baik, salah satunya yaitu dekat dengan gerbang tol Cibatu Kilometer 34.7 Jakarta-Cikampek. Sehingga stadion ini bisa dan layak bila suatu saat akan dilaksanakan suatu pertandingan nasional bahkan internasional.

Stadion ini pernah menjadi salah satu tempat dilaksanakannya pertandingan Pekan Olahraga Nasional yang ke 19 yang kebetulan dilaksanakan di Provinsi Jawa Barat dan tentunya merupakan tuan rumah PON ke XIX.Pada waktu itu menyelenggarakan 44 cabang olahraga. Selain itu di stadion ini, juga pernah dipakai Klub Persib Bandung sebagai kandang mereka pada tahun 2016.

Gambaran fisik Stadion Wibawa Mukti

Tribun penonton atau tempat penonton di Wibawa Mukti warnanya didominasi dengan warna kuning, dengan campuran warna hijau, merah dan biru, memiliki satu tingkat pada tribun selatan dan tribun utara sedangkan untuk tribun pada bagian barat memiliki dua tingkat sama halnya dengan tribun pada bagian timur. Semua tempat duduk penonton telah menggunakan kursi penonton sehingga penonton dapat menikmati pertandingan dengan lebih nyaman. Stadion ini juga memiliki atap yang terlihat kokoh bila dilihat dari kerangkanya yang berbentuk agak melengkung pada tribun penonton bagian barat dan bagian timur .Selain itu papan skor disini sudah menggunakan papan skor modern yakni papan skor elektronik, tepatnya berada pada sisi selatan. Rumput yang telah tertanam pada lapangan stadion ini merupakan rumput standar internasional, dan tentunya layak, bila akan melaksanakan suatu pertandingan internasional jika perawatannya dilakukan dengan baik.

Dari segi fasilitas disini seperti kebanyakan stadion lainnya yang tersebar di Indonesia yaitu pada sisi lapangannya yang memiliki lintasan atletik dan memiliki delapan jalur lintasan atletik yang mengelilingi lapangan utama.


Dengan dibangunnya stadion megah dan termegah di kabupaten Bekasi ini maka tidak heran menjadikannya kebanggaan masyarakat Kabupaten Bekasi bahkan bisa juga masyarakat Indonesia yang bangga akan negeri sendiri.

Dana Pembangunan

Dibangun dengan kucuran dari APBD (Anggaran pendapatan dan belanja daerah) Jawa Barat dan APBD Kabupaten Bekasi dengan dana sebanyak Rp.500 Miliyar.

Dan dengan adanya stadion-stadion baru seperti Wibawa Mukti ini semoga tidak hanya bangunannya saja yang baik serta maju, namun yang utama selain itu yaitu kualitas dan pengelolaan dari permainan sepakbola di tanah air ini, yang semoga semakin maju dan semakin menonjol di kancah internasional, setidaknya level asia tenggara kita bisa menjadi terkuat dalam hal sepak bola  dan semoga bisa menjadi juara.

Kita bangga dengan Indonesia....

dan anda bisa melihat foto stadion Wibawa Mukti ini, salah satunya di http://www.urbancikarang.com/







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »