Daftar 5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia tahun 2017

Jalan Tol Terpanjang di Indonesia tahun 2017


Jalan tol merupakan jalan  yang digunakan untuk kendaraan, supaya terbebas dari hambatan kecuali pada keadaan tertentu, terbebas dari hambatan dikarenakan berbagai peraturan-peraturan jalan tol, seperti kecepatan di jalan tol yang dibatasi tidak boleh terlalu lambat dan juga tidak boleh terlampau cepat, Selain itu, kita boleh berhenti di jalan tol hanya jika terjadi suatu masalah.
Dengan semakin berkembangnya zaman di negara kita, Indonesia, ini juga terdapat banyak jalan tol yang berguna sebagai jalur cepat bebas hambatan. Guna semakin berkembangnya pembangunan di suatu daerah terutama yang dekat dengan jalan tol tersebut.
Dari sekian jalan tol yang ada di Indonesia semuanya memiliki panjang yang berbeda-beda sehingga pada kesempatan kali ini saya akan membagikan lima jalan tol terpanjang yang ada di indonesia pada tahun 2017.

5. Tol Cipularang

Jalan bebas hambatan nomor lima jatuh pada jalan tol Cipularang yang memiliki panjang jalan mencapai 54 kilometer. Nama jalan tol Cipularang sendiri adalah singkatan dari Cikampek Purwakarta dan Padalarang. 
Jalan yang menghubungkan Purwakarta dan Bandung ini pembangunannya beres pada bulan April tahun 2005. Dikarenakan lokasi jalan tol berada di daerah pegunungan, sehingga pada jalan tol ini kondisi jalannya naik-turun dan juga banyak ditemui jembatan. Selain itu disini anda bisa melihat pemandangan yang hijau di sisi sebelah kiri maupun kanan jalan tol.
Jika anda akan melewati jalan tol Cipularang dan anda akan beristirahat maka di tol Cipularang ini tersedia lima tempat peristirahatan. Kelima tempat itu masing-masing berada pada kilometer 72 A arah Bandung, Km 88 A arah Bandung, Km 72 B arah Jakarta Km 88 B arah Jakarta dan  Km 97 B arah Jakarta.


4. Tol lingkar luar jakarta

Jalan tol Lingkar luar Jakarta adalah jalan bebas hambatan terpanjang selanjutnya. Jalan tol ini memiliki panjang jalan mencapai 64 kilometer, dan merupakan jembatan terpanjang urutan ke-4 di Indonesia saat ini. Awal pembangunan jalan tol ini dimulai pada tahun 1989. Jalan tol Lingkar luar jakarta ini dibangun dengan tujuan sebagai jalan penghubung antara warga Tanggerang atau warga Jakarta  yang ingin menuju Bekasi, Bogor dan kota-kota yang berada di Pantai Utara dan jalur selatan juga sebagai tujuan utama ke Depok.



3. Tol Jakarta-Cikampek

Tol Jakarta-Cikampek
Tol Jakarta-Cikampek

Jalan bebas hambatan terpanjang di Indonesia, pada daftar berikutnya adalah jalan tol Jakarta-Cikampek. Dengan Panjang jalan tol mencapai 73 kilometer menjadikan jalan tol ini terpanjang urutan ke-3. Jalan tol Jakarta-Cikampek sendiri mulai dibangun pada tahun 1985 dan berakhir pada tahun 1988. Pengelola jalan tol Jakarta Cikmpek adalah PT. Jasamarga (Persero) tbk. Awal pengoperasiannya dilakukan pada tahun 1988, setelah yang pertama Tol Jagorawi pada tahun 1978 dan Tol Jakarta merak pada tahun 1984. Tol Jakarta-Cikampek sendiri memiliki 8 tempat peristirahatan yang berada empat tempat istirahat pada arah timur dan empat tempat istirahat pada arah barat.



2. Tol Jakarta-Merak

Tol Jakarta-Merak
Tol Jakarta-Merak

Tol Jakarta-Merak merupakan jalan bebas hambatan yang mengubungkan antara Merak menuju Jakarta dan juga sebaliknnya. Jalan tol Jakarta-Merak memiliki panjang jalan hingga 98 kilometer, sehingga menempatinya pada urutan ke-dua sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia sekarang ini.
Jalan Tol ini dibangun pada tahun 1984, sesudahnya jalan tol Jagorawi yang dibangun pada tahun 1978. Jalan tol Jakarta-merak ini memiliki dua pengelola yaitu PT Jasamarga (Persero) tbk dan PT Marga Mandalasakti.


1. Tol Cipali

Nah inilah jalan tol paling panjang saat ini. Yaitu jalan tol Cipali atau merupakan singkatan dari Cikopo-Palimanan yang memiliki panjang lebih dari seratus kilometer, tepatnya yaitu 116 kilometer, yang menghubungkan antara Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan yang berada di Cirebon Jawa Barat.
Jalan tol Cikopo-Palimanan ini tergolong baru, lantaran awal pembangunannya dibangun pada tahun 2011 dan selesai dibangunnya pada tahun 2015.
Tol Cikopo-Palimanan juga merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa, yang akan menghubungkan antara Merak yang berada di Provinsi Bnten hingga Banyuwangi yang berada di Provinsi Jawa Timur, sehingga nantinya jalan ini akan membentang dari sebelah barat pulau jawa hingga sebelah timur pulau jawa.
Bila anda melewati Jalan tol Cipali, maka anda harus berhati-hati dikarenakan jalannya yang lumayan lurus hingga bisa menyebabkan anda lupa bahwa mobil anda sedang berkecepatan tinggi.
Jalan tol Cipali ini juga harus terpaksa membelah bukit karena menghalangi jalur jalan tol, dan bila melewatinya kita akan melihat dinding yang tinggi juga terlihat indah.


Nah itulah daftar jalan tol terpanjang di indonesia saat ini. Mungkin kedepannya akan banyak jalan tol baru di Indonesia mengingat bahwa di Pulau Sumatera sedang dibangun jalan tol trans Sumatera. Memiliki panjang jalan, yaitu totalnya mencapai 2818 kilometer, yang terbagi dalam banyak jalan tol.






sumber :wikipedia dan sumber lainnya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »