9 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

9 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sirih merupakan tanaman yang merambat atau bisa juga bersandar pada batang dari sebuah pohon. Tanaman sirih ini adalah tanaman asli dari Indonesia dan memiliki nama ilmiah Piper betle.

Sirih ini adalah fitofarmaka yaitu sediaan obat atau obat tradisional. Selain itu tanaman sirih juga bisa dipakai sebagai tanaman hias untuk menghiasi pekarangan.

Manfaat Daun Sirih Hijau
Daun sirih hijau

Di Indonesia, sirih adalah flora khas Kepulauan Riau. Masyarakat Kepulauan Riau betul-betul menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih khususnya pada saat upacara penyambutan tamu dan memakai sirih sebagai obat pelbagai jenis penyakit. Walaupun demikian tanaman ini banyak ditemui di seluruh Indonesia, untuk dimanfaatkan atau hanya sebagai tanaman hias.

Nah berhubung kesehatan merupakan sesuatu yang penting dalam hidup ini, sehinga banyak orang yang menginginkan kesehatan. Mungkin salah sebagian orang mencarinya di internet tentang kesehatan ini, dan mungkin ada yang mencari tentang manfaat seperti yang saya tulis kali ini, yaitu tentang manfaat daun sirih hijau. Maka dari itu langsung saja saya akan memaparkan tentang manfaat daun sirih untuk kesehatan dan juga kecantikan:

1. Bisa menghilangkan gatal-gatal di kulit

Manfaat daun sirih pada kesehatan yang pertama yaitu dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara ambil daun sirih hijau secukupnya lalu tumbuk daun sirih tadi sampai halus setelah halus maka tinggal oleskan pada daerah yang dirasa gatal.

2. Bisa mengobati luka bakar 

Caranya ambil daun sirih, setelah itu panaskan daun sirih sampai daun sirih tadi layu, lalu tinggal tempelkan pada bagian yang terkena luka bakar. Maka dalam beberapa hari luka bakar akan berangsur-angsur membaik.


3. Bisa mengobati sariawan

Untuk mengobati sariawan ini yaitu dengan cara mengunyah satu lembar daun sirih dan diamkan selama beberapa saat,setelah itu lalu kumur-kumur menggunakan air hangat. atau bisa juga dengan cara merebus daun sirih sebanyak 3 lembar dengan 2 gelas air dan tunggu sampai airnya tersisa 1 gelas, dan kalau sudah selesai maka kumur-kumurkan lah dengan air tadi dalalm keadaan hangat, dan minum satu gelas sehari secara teratur sampai sariawan sembuh.


4. Bisa mengobati demam berdarah

Cara mengobati demam berdarah menggunakan daun sirih ini, caranya yaitu, rebuslah lima lembar daun sirih dengan ditambah air sebanyak 2 gelas dan rebus sampe tersisa menjadi 1 gelas, dan minumlah 2 kali sehari secara teratur.


5. Dapat mengatasi sakit gigi

Caranya adalah dengan mengunyah daun sirih  1 lembar  dan diamkan dan tunggu hingga beberapa saat sekitar 10-15 menit, setelah selesai maka bersihkan dengan cara berkumur dengan menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin.

6. Sebagai obat mimisan

Pada daun sirih mengandung bahan kimia, antara lain minyak esensial, chavicol, chavibetol, eugenol, methyl eugenol, estragol, kariofilena, cadinene, hydroxycatecho, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, pati dan gula.
Kandungan dari berbagai bahan kimia tadilah yang menjadikan daun sirih ini bisa meredakan pendarahan pada saat terjadi mimisan. Selain pada mimisan, daun ini juga bisa meredakan pendarahan pada luka.
Caranya gampang yaitu dengan cara menggulung daun sirih, setelah itu masukkanlah pada hidung yang mimisan.


7. Bisa melancarkan haid supaya teratur

Seorang perempuan yang telah dewasa memang mengalami yang namanya haid atau menstruasi. Namun sebagian dari mereka, sering mengalami dengan namanaya haid tidak lancar atau tidak teratur. yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Kandungan zat tanin yang berada pada daun sirih bisa membantu melancarkan siklus haid seorang wanita. Caranya yaitu minumlah air rebusan dari daun sirih, saat masa haid. Namun sebelum direbus, jangan lupa untuk mencucinya telebih dahulu.

8. Bisa menghilangkan jerawat

Bila sobat mengalami masalah jerawat, maka daun sirih ini juga bisa dijadikan solusi untuk menghilangkan jerawat. Caranya yaitu dengan mengoleskan pada bagian muka atau wajah yang berjerawat, lalu biarkan selama satu jam. Setelah selasai, maka selanjutnya basuh mengunakan air hangat.

9. Dapat menghilangkan bau mulut 

Bagi sobat yang ingin menghilangkan bau pada mulut, maka tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan daun sirih ini sebagai obat untuk menghilangkan bau mulut. Caranya yaitu dengan merebus daun sirih sebanyak 2 sampai 3 lembar, kemudian gunakan air rebusan tadii untuk kumur-kumur, lakukan secara rutin pada malam sebelum tidur.

Nah itulah 9 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat semuanya yang membaca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »