Jembatan Barelang Serta Konstruksi Bangunannya

Jembatan Barelang Serta Konstruksi Bangunannya


Halo Salam berbahagia.
Semoga kabar sobat semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah postingan yang berjudul "Jembatan Barelang Serta Konstruksi Bangunannya".

Memang jembatan di negara Indonesia ini sekarang jumlahnya banyak sekali, untuk jembatan yang baik dan megah jumlahnya juga tidak sedikit. Bila sebelumnya saya sudah membahas tentang jembatan Suramadu dan jembatan Palu IV. Maka pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Jembatan Barelang.

Nama Barelang pada jembatan ini memang lebih populer dibandingkan dengan nama aslinya yakni jembatan Fisabilillah, Barelang sendiri diambil oleh masyarakat setempat dari nama-nama pulau yang dihubungkan oleh jembatan ini.

Nama pada jembatan Barelang sendiri merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan ini menghubungkan antara Pulau Batam, Tonton, Nipah, Rempang, Galang  dan Galang Baru. Selain Jembatan Barelang Masyarakat setempat juga ada yang menyebutnya jembatan Habibie, dikarenakan dialah yang telah memprakarsai pembangunan jembatan tersebut, Jemabatan ini telah menjadi ikon bagi kota Batam, selain itu jembatan ini juga telah menjadi landmarknya Pulau Batam. Misal bila kita ke Palembanng yang identik itu adalah jembatan Ampera dan dijadikan pula sebagai landmark kota Palembang maka di Batam ini yang identik yaitu Jembatan Barelang atau Jembatan Habibie.

Bila sobat berkunjunjung atau berwisata ke Batam, maka cobalah untuk berkunjung ke jembatan ini,
karena memang jembatan ini bagus dan bisa dijadikan sebagai background untuk berfoto.

Keenam jembatan yang ada di Barelang

Jembatan Barelang ini merupakan nama jembatan dari keseluruhan jembatan yang ada di lokasi tersebut. Jembatan yang termasuk jembatan Barelang ini yaitu:
Jembatan Raja Kecik (jembatan VI)
Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan V)
Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV)
Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III)
Jembatan Nara Singa (jembatan II)
Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I), 

Khusus jembatan Tengku Fisabilillah ini merupakan jembatan paling besar di antara jembatan-jembatan lainnya yang ada pada Barelang ini.

Berdasarkan sumber dari wikipedia, untuk jembatan Tengku Fisabilillah diselesaikan pada tahun 1997, dan memiliki panjang 385 meter, bentangan yaitu 11 X 35 meter, Material yang digunakan pada jembatan Tengku Fisabilillah ini adalah beton bertulang. Jembatan ini menggunakan Konstruksi cantilever dengan menggunakan kabel sementara.

Jembatan Barelang adalah suatu plot project berteknologi tinggi dan melibatakan ratusan insinyur yang semuanya dari Indonesia dan tanpa campur tangan tenaga ahli dari luar negeri. 

Pembangunan Jembatan Barelang

Jembatan Barelang dibangun dalam masa 6 tahun tepatnya yaitu di mulai pada tahun 1992 sampai 1998 untuk memperluas otoritas Batam yang disingkat OB, yaitu sebagai regulator daerah industri pulau Batam. Pembangunan jembatan ini menghabiskan dana sebanyak Rp. 400 Miliar.

Nah di bawah ini saya akan berikan foto jembatan barelang ini yang salah satunya merupakan jembatan paling besar, yaitu bernama jembatan Tengku Fisabilillah,



Jembatan Tuanku Tambusai
Jembatan Tuanku Tambusai

Jembatan Barelang
Jembatan Tengku Fisabilillah



Dengan adanya jembatan Barelang ini semoga bisa semakin memajukan pulau Batam dan semoga daerah lainnya di Indonesia yang  membutuhkan fasilitas jalan penghubung seperti jembatan, semoga dapat terperhatikan oleh pemerintah untuk dibangun fasilitas tersebut.
Nah itulah sekilas tentang jembatan Barelang. Dan semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »