7 Manfaat Olahraga Lari Pada Pagi Hari,Salah Satunya Dapat Menurunkan Berat Badan

7 Manfaat Olahraga Lari Pada Pagi Hari,Salah Satunya Dapat Menurunkan Berat Badan


Halo sahabat semuanya pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi tentang 7 manfaat olahraga lari pada pagi hari yang salah satunya dapat menurunkan berat badan.

Manfaat Olahraga Lari Pada Pagi Hari
Olahraga Lari Pagi
Lari merupakakn salah satu olahraga dengan mengunakan kaki sebagai alat utamanya, untuk melakukan gerakan lari. Selain itu lari merupakan salah satu jenis olahraga paling tua di dunia. Lari ini sebelum menjadi cabang olahraga dulunya sudah dilakukan dan dikenal oleh peradaban-peradaban manusia kuno.

Sedikit informasi bahwa berdasarkan jaraknya olahraga ini memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu lari sprint lari yang jarak tempuhnya pendek antara 50 m sampai 400 m. lari ini membutuhkan kecepatan, selain itu ada lari yang jaraknya menengah dan ada juga lari dengan jarak jauh yang sering kita dengar sebagai lari maraton.

Namun pada kesempatan kali ini, seperti judul di atas bahwa saya akan memberikan informasi tentang lari pagi dan manfaatnya. Memang terasa segar udara pada pagi hari. Selain menghirup udara segar pada pagi hari, sobat juga bisa melakukan olahraga lari yang tentu memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Supaya lebih mempersingkat waktu maka langsung saja berikut di bawah ini saya tuliskan tentang manfaat yang diperoleh bila kita melakukan lari pagi.

1. Menyehatkan jantung

Jantung merupakan organ tubuh bagian dalam yang fungsinya sebagai pemompa darah sehingga tak heran bila peranan jatung pada tubuh kita ini sangat penting. Oleh karena itulah kita harus menjaga kesehatan jantung kita, salah satunya dengan melakukan olahraga lari pada pagi hari, cobalah anda lari dengan jarak 16 kilometer selama seminggu, sehingga dengan lari tersebut dapat mengurangi resiko gangguan pada tekanan darah hingga 39% selain itu dapat juga mengurangi gangguan kolesterol yang mengendap pada bagian dalam tubuh kita hingga 34%,, dan sudah dibuktikan oleh para peneliti.

2. Dapat mencegah terjadinya kepikunan

Jurnal yang berasal dari American Geriantrics Society telah membuktikan bahwa para wanita yang selalu melakukan lari pada pagi hari yang dimulai pada saat usia remaja dapat menekan resiko kepikunan pada saat memasuki usia tua. Jadi kita harus mencoba melakukan lari pagi ini dengan cara yang tepat dan teratur.

3. Pernafasan bisa menjadi lebih baik

Manfaat dari olahraga lari pagi selanjutnya adalah bisa menjadikan pernapasan menjadi lebih baik. Dengan lari pagi tentunya dapat menjadikan pernafasan lebih baik, tak heran memang karena pada pagi hari udara memang segar dan kita bisa lebih banyak menghirup oksigen. Selain itu olahraga ini juga dapat bermanfaat bagi mereka para penderita penyakit asma, dan dapat menjadikan asma mereka lebih jarang kambuh dan juga membuat pernafasan mereka lebih lega.


4. Bisa menjadikan tidur lebih berkualitas

Selain tadi, lari pagi juga dapat menjadikan tidur lebih berkualitas. suatu penelitian telah membuktikan kepada orang-orang yang menderita penyakit insomnia dan memerintahkan untuk lebih rutin lari pada pagi hari ternyata hasilnya mereka dapat tidur 17 menit lebih cepat. selain itu para penderita juga mengakui bahwa tidur mereka lebih nyenyak dibandingkan sebelum melakukan hal tersebut.

5. Lebih memudahkan dalam membakar kalori

Kalori ini memang harus terbakar karena bila tidak terbakar maka akibatnya akan menumpuk pada tubuh dan bisa mengakibatkan obesitas. Bila sobat ingin sehat dan yang sedang melakukan diet maka cobalah lakukan lari pagi dengan benar supaya kalori bisa mudah terbakar.

6. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh itu berhubungan salah satunya dengan sel imun. Sel imun berfungsi sebagai penangkal semua virus yang masuk dan menyerang pada tubuh kita. Dan ketika kita lari pagi maka sel imun akan menjadi lebih kuat.

7. Menguatkan Tulang

Memiliki tulang yang kuat tentunya suatu keinginan bagi semua orang. Dan tahukah sobat kepadatan tulang seorang pelari itu lebih bagus dibandingkan dengan kepadatan tulang para pesepeda. peneliti dari Universitas Missouri telah membuktikan hal ini dimana kepadatan tulang kurang baik pada para pesepeda yang mencapai 63% namun bila dibandingkan dengan pelari yaitu hanya 19%.


Nah itulah 7 manfaat olahraga lari pada pagi hari, Dan marilah menjadikan hidup kita lebih baik lagi baik dalam kesehatan agama dan lainnya. Sekian postingan kali ini dan semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Salam Indonesia sehat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments