7 Manfaat Membaca Buku Untuk Kehidupan Anda

7 Manfaat Membaca Buku Untuk Kehidupan Anda


7 Manfaat Membaca Buku Untuk Kehidupan Anda
membaca buku

Membaca merupakan suatu kegiatan yang mungkin hampir semua orang pada zaman sekarang ini sering dilakukan, baik itu membaca buku pelajaran, membaca koran, membaca komik bahkan bisa juga membaca pesan pada smartphone yang sobat punya dan masih banyak lagi kegiatan membaca yang bisa sobat lakukan. Pada mulanya, manusia awal mengenal tulisan pada zaman sejarah. Pada zaman sejarah ini, manusia mulai bisa membaca juga menulis, hal ini bisa kita ketahui karena adanya bukti dari ditemukannya tulisan-tulisan. 


Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang manfaat membaca buku. Semua orang pasti ingin menjadi seorang yang berhasil baik itu pada prestasi di sekolah, pada pekerjaan,. atau sukses untuk kehidupan setelah mati yaitu kehidupan di akhirat, itu semua kita dapatkan dari ilmu yang kita peroleh baik itu dari mendengarkan atau menyimak, melihat tingkah laku orang lain, dan bisa juga dari kegiatan yang akan saya bahas pada kali ini yaitu membaca.

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari membaca buku, yang pastinya jika kita membacanya dengan tepat, benar dan sungguh-sungguh maka pasti dapat merubah kita semua ke arah yang lebih baik.

Nah sobat untuk lebih jelasnya mari kita langsung saja simak 7 Manfaat membaca buku untuk kehidupan, di bawah ini:

1. Dapat menambah pengetahuan dan wawasan

Dengan membaca buku yang tepat kita tentunya akan menambah pengetahuan dan wawasan, karena buku merupakan gerbang ilmu yang bisa kita gunakan, salah satunya yaitu dengan membacanya. Sehingga semakin sering kita membaca buku maka informasi dan ilmu yang kita dapat juga akan semakin banyak sehingga kita akan lebih siap dalam menjalani hidup.

2. Bisa meningkatkan hubungan sosial

Kegiatan membaca buku juga bisa membuat kita memperoleh informasi tentang suatu adat istiadat kebudayaan sosial, karakteristik pada daerah lain. Sehingga kita akan semakin mengenal suatu ciri-ciri dari budaya luar baik masyarakat, lingkunganya ataupun yang lainya. Maka dengan kita tahu tentang hal tersebut, sehingga bila suatu saat kita akan pergi ke sana, kita bisa mengetahui bagaimana untuk menghormati adat istiadat di sana.

3. Bisa melatih keterampilan untuk berfikir juga menganalisa

Dalam kegiatan membaca kita akan menemukan berbagai macam bacaan, salah satunya yaitu, misalnya ada masalah yang tersaji pada buku yang mengharuskan kita untuk lebih berkonsentrasi untuk menganalisa, nah dengan seringnya kita melakukan kegiatan membaca maka lama-kelamaan otak kita semakin terlatih untuk berfikir dan menganalisa, dan tentu itu dapat membuat keterampilan pada hal tersebut menjadi meningkat.

4. Bisa memperluas pemikiran


Ada suatu laporan bahwa seseorang yang gemar membca ternyata mempunyai tingkat kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan seseorang yang tidak membaca buku atau kurang gemar membaca buku. Selain itu kegiatan ini juga membuat kita bisa berbagi tentang pengalaman yang telah kita peroleh kepada orang lain, dalalm berbagai macam hal. Sehingga nantinya dapat kita jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk bisa memutuskan sesuatu.

5. Dapat menambah fokus dan konsentrasi


Manfaat dari kegiatan membaca selanjutnya yaitu bisa menambah fokus dan konsentrasi. Kegiatan membca ini merupakan kegiatan yang dapat melatih tingkat kefokusan, karena dengan membaca buku dengan fokus maka kita akan paham dengan maksud pada tulisan di buku, sehingga dengan seringnya kita membaca buku maka akan semakin melatih tingkat kefokusan dan juga konsentrasi kita baik itu dalam hal membaca atau bisa juga dalam hal keseharian.

6. Bisa mengurangi pikiran yang sress


Ternyata dengan kegiatan membaca yang dilakukan selama beberapa menit saja dapat mengurangi rasa stress, itu semua disebabkan karena kegiatan ini bisa menekan perkembangan hormon stress, misalnya hormaon kortisol. Membaca ini bisa membuat pikiran menjadi lebih santai dan tenang sehingga dapat membantu mengurangti tingkat stress sampai 67%

7. Dapat menjadikan hati lunak


Dengan kegiatan membaca juga bisa membuat hati kita lunak, tentunya dengan bacaan  yang tepat, misalnya membaca buku tentang keimanan kepada Allah, tentang membaca cara sholat yang benar dan lainya. Sehingga setelah anda membaca dengan benar dan tentu diresapi dan diterapkan pula dengan benar maka akan membuat hati bisa menjadi lunak.


Nah itulah manfaat membaca buku untuk kehidupan semoga dengan tulisan ini dapat menjadikan kita termasuk saya, untuk semakin lebih giat dan gemar membaca, sehingga bisa menjadika bangsa kita ini semakin maju. 

Dan sekian dari saya. salam penutup dari saya 

Mari jadikan Indonesia Semangat dan Gemar dalam membaca.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »