10 Urutan Kota besar termaju yang ada di Indonesia

10  Kota besar termaju yang ada di Indonesia


Kota merupakan tempat yang di dalamnya terdapat banyak bangunan-bangunan untuk kepentingan manusia dan mendukung fasilitas untuk kehidupan manusia dan juga dapat  berinteraksi dengan sesama manusia sehingga terjalin interaksi kehidupan,
Ciri fisik kota antara lain1. Tersedia tempat untuk parkir2. Tersedia tempat untuk pasar dan pertokoan3. Adanya tempat untuk sarana rekreasi dan olahraga.
Di Indonesia sendiri banyak kota-kota dari yang terkecil sampai yang terbesar. Dari sekian banyaknya kota-kota yang ada di Indonesia, saya hannya akan mengambil kota paling maju yang ada di Indonesia. Di dalam judul postingan kali ini yaitu "10 Urutan Kota besar termaju yang ada di Indonesia". Berikut Urutannya :

10. Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Banjarmasin merupakan kota terpadat sekaligus kota terbesar yang ada di Pulau Kalimantan. Kota Banjarmasin adalah ibu kota dari Kalimantan Selatan, oleh karena itu maka tidah heran bila kota ini masuk ke dalam salah satu kota paling modern/paling maju di Indonesia.j Kota ini memiliki luas wilayah yaitu 72 km persegi. Wilayahnya merupakan kepulauan, yang terdiri dari kurang lebih sekitar 25 buah pulau kecil yang terpisah oleh sungai-sungai, oleh karena itu maka tak heran kota ini dijuluki sebagai kota seribu sungai.Berdasarkan BPS Kota Banjarmasin pada tahun 2015, kota ini dihuni 675.440 jiwa penduduk, dengan kepadatan 9.381 jiwa per km persegi.

9. Batam, Kepulauan Riau

Kota Batam merupakan salah satu kota dengan pembangunan tercepat di indonesia. Kota ini adalah ibu kota dari Provinsi Kepulauan Riau. wilayah total kota Batam yaitu seluas 1.575 km persegi. Kota ini terdiri atas tiga pulau yaitu Batam, Galang dan Rempang, yang dihubungkan dengan Jembatan Barelang dan juga menjadi ikon dari kota Batam. Kota Batam juga sangat strategis, karena berbatasan dengan Negara maju Singapura. Zona waktu di kota batam yakni WIB (UTC+7).

8. Pekanbaru, Riau

Urutan kota besar termaju selanjutnya yaitu Pekanbaru. Pekanbaru adalah ibu kota Provinsi Riau. kota yang mulai berdiri pada tahun 23 juni 1784 ini memiliki 1.093.416 jiwa pada tahun 2014.Kota Pekanbaru juga merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di bagian timur Sumatera, dan merupakan kota yang termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan urbanisasi dan migrasi yang tinggi. Sebelum tahun 1960 koata Pekanbaru hanya memiliki luas 16 km² dan kemudian bertambah menjadi 62.96 km² dengan dua kecamatan yaitu kecamatan Senapelan dan Limapuluh. Lalu pada tahun 1965 menjadi 6 kecamatan, dan tahun 1987 menjadi 8 dengan luas wilayah 446,50 km², sesudah Pemerintah daerah Kampar mempersilahkan dan menyerahkan sebagian dari wilayahnya untuk keperluan perluasan kota Pekanbaru. Kemudian pada tahun 2003 jumlah kecamatan pada kota ini dimekarkan menjadi 12 kecamatan.

7. Palembang, Sumatera Selatan

Kota palembang adalah ibukota dari Sumatera Selatan dan merupakan kota paling besar di Sumatera Selatan juga terbesar ke dua di Pulau Sumatera setelah kota Medan. Kota ini memiliki ikon yang cukup terkenal di Indonesia yaitu jembatan Ampera. Dan menempati urutan ke-7 sebagai kota termaju di negeri ini. Palembang juga pernah menjadi tuan rumah SEA Games 2011 bersama dengan Jakarta, dan menjadi tempat berlangsungnya upacara pembukaan juga upacara penutupan pada pesta olahraga se Asia Tenggara tersebut.Sejarah juga telah mencatat bahwa Palembang pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada waktu itu.Selain itu di kota Palembang juga terdapat makanan khas yang cukup terkenal, yang tidak lain adalah pempek. Pempek adalah makanan yang terbuat dari bahan utama sagu dan juga dari daging ikan. Selain pempek, juga masih banyak lagi makanan khas kota palembang, seperti Tekwan, Laksan, Celimpungan, dan lain-lain.

6. Makassar, Sulawesi Selatan

Kota yang dulunya dikenal sebagai Ujung Pandang ini merupakan kota metropolitan terbesar di indonesia bagian timur, maka tak heran jika kota ini termasuk kota termaju ke enam di Indonesia.Pada masa lalu kota ini pernah menjadi ibukota negara Indonesia timur dan provinsi Sulawesi.Jumlah penduduk di kota Makassar sebanyak 1339 juta di tahun 2010.Secara demografis, kota Makassar ini tergolong tipe multi kultur atau multi etnik dengan beragam suku bangsa yang menetap di dalamnya, di antaranya adalah Bugis, Toraja, Buton, Jawa, dan Tionghoa. Makanan khas Makassar dan umum dijumpai di pelosok kota diantaranya adalah Coto Makassar, Roti Maros dan Jalangkote.

5. Semarang Jawa Tengah

Semarang yang merupakan Ibukota dari Provinsi Jawa Tengah dan merupakan kota terbesar ke lima di Indonesia ini, memiliki luas wilayah yaitu 373,67 kilometer persegi. Selain itu, pada tahun 2010 kota ini berpenduduk sebanyak 1556 juta orang. Kota Semarang memiliki wilayah dataran rendah yang suka disebut kota bawah dan di sebelah selatan merupakan dataran tinggi yang memiliki sebutan kota atas.Sejarah Semarang bermula sekitar abad ke-6 M, yaitu daerah pesisir, bernama Pragota yang sekarang menjadi Bergota, adalah bagian dari kerajaan Mataram Kuno. Daerah tersebut pada saat itu adalah sebuah pelabuhan dan di depannya terdapat pulau-pulau kecil. Akibat pengendapan, dan sampai sekarang masih tetap berlangsung, sehingga menyebabkan gugusan-gugusanp pulau kecil tersebut sekarang menyatu dan membentuk daratan. Bagian kota Semarang Bawah yang dikenal pada saat ini dahulu merupakan laut. Pelabuhan tadi diperkirakan berada di daerah Pasar Bulu sekarang, dan ke Pelabuhan Simongan, tempat armada Laksamana Cheng Ho bersandar di tahun 1435 M. Di tempat pendaratannya, ia mendirikan sebuah kelenteng dan mesjid yang hingga saat ini masih dikunjungi yang disebut Kelenteng Sam Po Kong.

4. Bandung, Jawa Barat


Bandung, Jawa Barat
Bandung, Jawa Barat

Kota Bandung ini merupakan salah satu kota besar dan paling maju urutan ke empat yang ada di indonesia. Kota ini berlokasi di Jawa Barat, sekaligus menjadi ibukota dari Provinsi Jawa Barat. Meskipun kota Bandung ini merupakan kota besar namun kota bandung ini suhunya tidak sepanas kota-kota besar lainnya yang ada di indonesia, dikarenakan lokasinya yang berada di ketinggian kisaran 600 mdpl. Bandung juga dikelilingi pegunungan, karena pada sejarahnya kota ini dulunya merupakan bekas dari danau purba yang airnya sudah surut. Kota Bandung juga memiliki lebih dari satu julukan, diantara julukan-julukan itu yaitu kota kembang dan kota Paris Van java.
Baca juga : tentang Bandung

3. Medan, Sumatera Utara

Kota Medan merupakan Kota paling besar di Pulau Sumatera dan juga kota paling besar di luar pulau Jawa. kota ini memiliki luas wilayah 26.510 hektare atau 265,10 kilometer persegi. Kota medan ini juga merupakan pintu gerbang indonesia bagian barat.
Medan berasal dari kata bahasa Tamil Maidhan atau Maidhanam, yang artinya tempat yang luas atau tanah lapang, teradopsi ke Bahasa Melayu.
Hari jadi Kota Medan diperingati tiap tahun sejak tahun 1970, dari yang awalnya ditetapkan pada tanggal 1 April 1909. dan tanggal ini mendapatkan bantahan, sehingga pada akhirnya, hari jadi kota Medan ini jatuh pada tanggal 1 Juli 1590.

2. Surabaya, Jawa Timur

Kota Surabaya terletak di ujung timur Puau Jawa, tepatnya Jawa Timur, sekaligus sebagai ibukota Jawa Timur. Kota yang dijuluki kota Pahlawan ini memiliki ikon yang terkenal yaitu jembatan Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia,  kota surabaya adalah kota termaju kedua di indonesia, banyak gedung- gedung tinggi berdiri di sini, walaupun tidak sebanyak dengan jumlah gedung yang ada di kota Jakarta.

1. DKI Jakarta


DKI Jakarta
DKI Jakarta


Nah ini dia kota paling maju dan kota paling besar yang ada di Indonesia, yaitu kota Jakarta. Tidak diherankan memang mengapa Jakarta menjadi kota paling maju di Indonesia karena kota ini memang pusat pemerintahan dari negara Indonesia  ini, Sehingga menjadikannya kota paling sibuk di Indonesia, Di kota ini banyak terdapat gedung-gedung pencakar langit yang berdiri, baik hotel, Bank, dan lainnya. Banyak orang berbondong-bondong pergi ke jakarta mungkin dikarenakan statusnya ini, sehingga menjadikan kota ini bertambah padat. Selain pusat pemerintahan RI kota ini juga sebagai kota bisnis terbesar di Indonesia.

Nah itulah daftar Kota termaju yang ada di Indonesia.

sumber referensi : kaskus

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
February 5, 2019 at 11:30 AM delete

Tapi SBY udah tertinggal oleh ini https://www.youtube.com/watch?v=SS6NPcb0w7A&t=3s

Reply
avatar