Berwisata ke Masjid Raya At-Taqwa Cirebon

Berwisata ke Masjid Raya At-Taqwa Cirebon

Kota Cirebon Merupakan sebuah kota yang lokasinya berada di ujung timur sebelah utara Provinsi Jawa Barat dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah di sebelah timur. Cirebon ini merupakan salah satu perlintasan penting jalur kereta api utama di Pulau Jawa.

Namun yang akan saya bahas kali ini bukan masalah umum dari kota Cirebon, yang akan saya bahas kali ini adalah tentang Mesjid Raya At-Taqwa dan memang lokasinya berada dekat dengan jalur perlintasan kereta api, dekat juga dengan stasiun Kejaksan yang merupakan stasiun kereta api terbesar yang ada di Kota Cirebon saat ini.

Masjid Raya At-Taqwa Cirebon merupakan masjid yang lokasinya berada di daerah Kejaksan, kota Cirebon. Masjid ini didirikan pada tahun 1918. Jika suatu hari sobat berkesempatan untuk mampir di Masjid At Taqwa Cirebon, tentu ketakjuban kita pada masjid tersebut akan terasa utuh dan lengkap. Sisi depan Masjid At Taqwa dapat diakses dari Jalan Siliwangi maupun  Jalan R.A. Kartini. Tepat di pinggiran ujung selatan dari Jalan Siliwangi, kita akan mendapati sebuah gapura dengan gaya kolonial, dan terdapat busur lengkung setengah lingkaran yang bertuliskan “Alun-Alun Kejaksan”. Bila kita melewati gapura tersebut, kita akan masuk ke sebuah lapangan rumput yang memang cukup luas, dan itu adalah Alun-Alun Kejaksan.

Lokasinya yang berada di pusat kota, sehingga mudah ditemukan, tepatnya berada di jalan RA. Kartini, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia.

Arsitektur

Mesjid Raya Cirebon ini adalah ikon Bagi Kota Cirebon, Karena selain keindahan yang disuguhkan dari arsitektur, juga mungkin karena tempat dan nama serta statusnya sebagai mesjid raya. Arsitektur di Mesjid Raya Cirebon adalah seperti di negara tropis, dengan gerbang yang berwarna emas dan bertuliskan dua kalimah syahadat.

Biaya pembangunan

Mesjid raya At-Taqwa yang saya kunjungi di kota Cirebon ternyata dibiayai dengan jumlah tidak kurang dari Rp. 9,2 Miliar pada waktu itu, maka pantas saja jika arsitekturnya bagus, juga indah sehingga tentunya enak dipandang.

Mesjid raya  At-Taqwa merupakan salah satu tempat wisata yang bisa sobat kunjungi, karena disini sobat bisa melakukan berbagai macam dalam kegiatan berlibur/berwisata. Misalnya saja bagi sobat yang memang hobi berfoto sobat bisa berfoto dengan backgroud mesjid ini, atau bisa juga bagi sobat yang hobi fhothografi, maka sobat bisa mengambil langsung foto mesjid ini. selain wisata berfoto tadi, sobat juga bisa berburu kuliner dan tentunya masih berada di area kawasan Mesjid Raya.

Yang paling mencolok pada bangunan ini yaitu terletak pada sebuah bangunan dan menjulang tinggi, yaitu menara mesjid yang letaknya berada di sebelah selatan dari bangunan mesjid. Menara ini juga dapat kita lihat dari stasiun Kejaksan kota Cirebon. Memang Menara yang berada di area Mesjid ini tidak hanya satu melainkan mesjid ini mempunyai lima menara, namun dari sekian banyak menara yang ada pada mesjid ini yang satu inilah yang paling tinggi. Dengan memiliki tinggi setinggi 65 meter.

Bagi sobat yang belum tahu Mesjid ini, maka di bawah ini saya akan membagikan foto yang menampilkan beberapa bagian pada mesjid raya  At-Taqwa.


Halaman Masjid Raya At-Taqwa Cirebon
Menara Masjid Raya At-Taqwa Cirebon

Halaman Masjid Raya At-Taqwa Cirebon
Halaman Masjid


Dan itulah foto yang diambil di lokasi luar mesjid raya At-Taqwa. Foto di atas memang di ambil pada malam hari, karena saat itu memang saya bersama dengan teman saya di sana malam-malam,

Itulah sekilas tentang Masjid Raya At-Taqwa Cirebon, semoga dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan bagi sobat semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
March 23, 2017 at 7:29 AM delete

Kayaknya pengalaman yang menyenangkan Mas...

Reply
avatar
March 24, 2017 at 4:03 AM delete

iya mas, suasana malam di kota cirebon:)

Reply
avatar