7 Keutamaan dan Manfaat Mengerjakan Shalat Dhuha

7 Keutamaan dan Manfaat Bila Mengerjakan Shalat Dhuha

Manfaat Bila Mengerjakan Shalat Dhuha
gerakan sujud

Shalat Dhuha merupakan sholat yang dilaksanakan paling sedikit yaitu dua raka'at dan juga bisa maksimal yaitu 12 raka'at, yang pada masing-masing dua raka'at nya diakhiri dengan satu salam. Shalat dhuha sendiri waktunya dimulai sekitar pukul 7 pagi sampai masuk shalat zhuhur. Lebih tepatnya yaitu kurang dari jam 12 siang, sehinnga bila anda akan mengerjakan shalat sunat ini maka ada baiknya anda mengerjakanya pada pukul 8 sampai pukul 10 pagi.

Dalam mengerjakan shalat dhuha dengan benar, sobat bisa mendapatkan berbagai macam manfaat:

1. Menormalkan produksi hormon

Manfaat yang pertama yang bisa didapatakan bila kita mengerjakan shalat dhuha dengan benar adalah bermanfaat untuk menormalkan produksi hormon yang berada pada tubuh kita. Jadi dengan melakukan shalat dhuha, memang sangat bermanfaat juga efektif untuk dapat menjaga kesehatan tubuh, baik itu untuk bagian tubuh, organ tubuh hingga dengan beberapa cairan juga hormone di dalam tubuh.

2. Membuat jiwa dan pikiran menjadi lebih tenang

Tentunya segala ibadah shalat yang dilakukan dengan ikhlas dan benar dengan mengharapkan ingin mendapatkan ridho Allah maka akan kembali lagi kepada kita juga, termasuk shalat dhuha ini yang dapat membuat jiwa dan pikiran kita menjadi lebih tenang. Maka dengan memiliki jiwa dan pikiran yang lebih tenang maka hidup pun tentu akan lebih baik.

3. Dapat membersihkan muka

Selain tadi diatas shalat dhuha juga dapat membersihkan muka, kenapa? tentunya karena saat kita akan melaksanakan shalat dhuha, bila kita memang memiliki hadast kecil maka kita akan berwudhu sehingga air wudhu tadi akan membersihkan kotoran yang menempel pada wajah kita.

4. Dapat membukakan pintu rezeki

Dengan kita shalat dhuha, maka akan terbuka pintu rezeki. Karena memang di dalam shalar dhuha ini bertujuan salah satunya untuk membukakan pintu rezeki, namun itu semua tidak cukup untuk mendapatkan kesuksesan, kita juga harus bekerja supaya apa yang kita harapkan dapat terwujud, dan jangan malas-malasan teruslah berjuang.

5. Bisa menghilangkan stress

Stress merupakan sesuatu dimana orang yang mengalaminya tidak merasakan ketenanagan karena suatu atau berbagai macam alasan yang menggangu. Dengan kita melaksanakan shalat dhuha ini maka dapat menghilangkan stress, dengan syarat dilakukan dengan benar sesuai aturan dalam agama Islam.


6.  Dapat melancarkan peredaran darah

Manfaat mengerjakan shalaht dhuha selanjutnya adalah dapat melancarkan peredaran darah, Itu semua dapat terjadi karena di dalam gerakan shalat Dhuha memang malakukan suatu gerakan, di antaranya yaitu mulai dari gerakan mengangkat kedua tangan, melakkukan, rukuk, melakukan sujud, yang memang di dalam gerakan sujud ini kepala berada di bawah atau berada lebih rendah dibandingkan dengan badan, dan juga darah mengalir ke kepala kita lalu aliran darah  dinormalkan kembali ketika kita melakkukan gerakan duduk.

7. Akan dibangunkan sebuah rumah di surga

www.ummi-online.com
Dengan kita mengerjakan shalat dhuha maka akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di surga, ini di jelaskan pada sebuah hadist Rasulullah SAW yaitu:
“Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga,” (Shahih al-Jami`: 634)

Diriwayatkan dari Anas secara marfu‘, “Barangsiapa mengerjakan shalat Dhuha sebanyak dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di dalam surga.”

Rasulullah saw bersabda,”Di dalam surga terdapat pintu yang bernama bab al dhuha (pintu dhuha) dan pada hari kiamat nanti ada  yang memanggil,’dimana orang yang senantiasa mengerjakan shalat dhuha?’inilah pintu kamu, masuklah dengan kasih sayang (rahmat) Allah”.


Nah itulah manfaat yang bisa kita dapatkan dari melakkukan shalat dhuha. Dengan adanya tulisan ini semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua, dan ingat bahwa kita melakukan shalat dhuha ini jangan karena suatu niat yang tidak benar, tapi yang harus kita niatkan pada saat akan melakukan shalat dhuha ini adalah untuk mengharapkan ridho Illahi.

Dan saya harap semoga kita dapat menjadi contoh dan menjadi pemberi suatu kebaikan dan manfaat bagi orang banyak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
March 24, 2017 at 3:23 PM delete

subhanalloh memang sangat bagus dan baik artikelnya mas sangat memberi nilai tersendiri mas artikelnya

Reply
avatar
March 24, 2017 at 4:11 PM delete

Iya terimakasih mas, memang terasa indah berbagi kebaikan dan saling tolong-menolong itu mas,
dan terimakasih juga telah berkunjung di blog saya ini mas :)

Reply
avatar