Sejarah, Konstruksi dan juga lainnya pada Jembatan Golden Gate

Sejarah, Konstruksi dan juga lainnya pada Jembatan Golden Gate

Golden Gate Bridge
Golden Gate Bridge


Menurut saya, mungkin sebagian dari sobat atau sobat semuanya pernah melihat jembatan yang megah seperti yang tampak pada gambar atau foto di atas, jembatan itu bernama Jembatan Golden Gate.
Jembatan ini merupakan jembatan yang menghubunhkan antara kota San Francisco, California yang berada di semenanjung San Francisco dengan kabupaten Marin, California. Jembatan ini berada di selat golden gate. Selat Golden Gate sendiri merupakan sebuah selat yang berada di pantai barat Amerika Utara, dan merupakan sebuah bukaan yang menghubungkan samudra Pasifik dengan Teluk Francisco.

Konstruksi

Jembatan yang memang terlihat megah ini merupakan jenis jembatan gantung, yaitu jembatan yang memakai tumpuan ketegangan kabel daripada tumpuan samping. Dan biasanya sebuah jembatan gantung memiliki kabel utama (yakni kabel baja atau rantai yang lain).
Jembatan gantung ini memiliki panjang keseluruhan yaitu sepanjang 2.727 meter. Selain itu tentunya jembatan gantung ini memiliki dua buah menara yang berada di bagian tengahnya dengan panjang 230 meter dan dengan jarak antara menara ke-1 dan ke-2  adalah 1.280 meter. Dengan ketinggiannya itu, menara jembatan ini pernah mengalahkan tinggi semua bangunan yang ada di Francisco, Selain itu Jembatan Golden Gate ini pernah mencetak rekor sebagai pemilik suspensi terpanjang di dunia dengan panjang 4.300 kaki, rekor dunia tersebut bertahan selama 27 tahun dan telah dipecahkan oleh jembatan Verrazano-Narrows yang pembangunanya sediri rampung pada tahun 1964.


Sejarah 

Jembatan ini merupakan hasil Joseph Strauss, ia merupakan seorang teknisi yang bertanggung jawab pada lebih dari 400 gambar jembatan, meskipun ukuranya lebih kecil dari jembatan Golden Gate. Pembangunan dari jembataan ini sendiri mulai dibangun pada tahun 1933 dan mulali dibuka pada tahun 1937. Dana untuk pembangunannya sediri memakan biaya sebesar US$ 35 juta. Selain menelan biaya, pada sejarah pembangunannya jembatan ini juga merenggut 11 korban jiwa.


Jembatan yang gagah ini ternyata memiliki suatu malapetaka yang mengerikan, yaitu dinobatkan sebagai salah satu tempat favorit untuk melakukan bunuh diri. Dari awal didirikannya sampai sekarang jembatan ini sudah menjadi saksi hingga lebih dari 1600 kasus bunuh diri, dan percobaan bunuh diri hampir terjadi pada setiap harinya. Selain diakibatkan karena kurangnya keimanan seseorang kepada Sang Pencipta sehingga membuat hal tersebut terjadi, itu disebabkan juga karena fasilitas yang kurang memadai pada jembatan ini, yaitu karena kurangnya pembatas pada Jembatan Golden Gate, sehingga memudahkan orang untuk terjun bebas ke dalam air.

Dipilihnya warna jingga pada jembatan ini yaitu supaya kapal yang melewati jembatan ini kala kabut menyergap tidak kehilangan jangkawan pandangannya.

Yang unik pada jembatan Golden Gate ini diantaranya, pada mulai awal dibuka dan diresmikannya jembatan ini, ia telah kehilangan bobotnya sampai 7.500 ton. Selain itu di tempat ini tercatat telah menjadi saksi kasus melahirkan bayi yang uniknya seluruh bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki.

Nah itulah sekilas tentang jembatan Golden Gate, dan semoga dapat menghibur juga dapat menambah wawasan sobat semua, yang barangkali belum mengetahui semua tentang informasi yang ada dari jembatan Golden Gate yang tersaji pada artikel yang saya posting kali ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »