Mengenal 10 manfaat buah naga merah untuk kesehatan

Mengenal 10 manfaat buah naga merah untuk kesehatan


Pada kesemtana kali ini saya akan membagikan artikel tentang, kandungan manfaat yang terdapat di dalam buah naga berwarna merah. Buah naga,, sekarang memang buah naga ini sepertinya sudah tidak asing lagi.

Mengenal manfaat buah naga merah untuk kesehatan
Buah naga merah


Memang pada buah naga merah ini banyak manfaat yang bisa kita peroleh. Namun sebelumnya apakah semuanya sudah tahu bentuk dari buah naga ini? saya harap semuanya sudah mengetahuinya.

Mengapa dinamakan dengan buah naga?, jawabannya karena buah ini memiliki bentuk kulit yang menyerupai sisik dari Naga, sehingga namanya seperti tadi. Banyak yang menyangka bahwa buah ini berasal dari negara tirai bambu, Cina, mungkin karena Naga identik dengan negara tersebut, Namun kenyataannya buah ini berasal dari negara-negara Amerika Tengah dan Amerika selatan, khususnya negara Meksiko. Buah naga kemudian di bawa ke berbagai negara, termasuk negara Indonesia. Sejarah penyebarannya, pada tahun 1870, seorang yang berasal dari Perancis membawa buah naga dari Guyana menuju negara Vietnam, yang pada waktu itu tujuannya sebagai tanaman hias. Oleh orang Cina dan orang Vietnam buah naga ini adalah buah yang membawa berkah, oleh sebab itu, buah ini selalu disimpan di antara patung naga yang berwarna hijau di atas meja altar.

Buah naga atau dragon fruit merupakan buah dari beberapa jenis tumbuhan kaktus. Buah naga pada umumnya dibudidayakan dengan cara stek dan menggunakan biji, dan sebaiknya ditanam pada media tanam yang pamous (tidak becek), berpasir, kaya akan unsur hara, tercukupinya cahaya dari sinar matahari dan pada suhu antara 38-40 derajat celcius. Jika perawatannya dilakukan dengan baik, maka buah ini akan mulai berbuah pada umur 11 sampai 17 bulan. Hal paling penting bila sobat akan menanam buah naga ini adalah mendapatkan cahaya matahari yang cukup, yang merupakan syarat pertumbuhan buah naga merah.

Buah naga sendiri umumnya terbagi menjadi dua, antara lain yaitu buah naga yang memiliki daging dengan warna merah, dan buah naga yang memiliki daging berwarna putih. Kandungan yang terkandung di dalam buah naga merah dan  putih juga terdapat perbedaan.

Buah naga ini dapat berkembang dengan ketinggian dan kondisi tanah apapun, namun tumbuhan buah naga ini cukup rakus terhadap unsur hara. Sehingga bila kita ingin pertumbuhan buah naga tumbuh dengan baik, maka sobat tentunya bisa untuk memberi pupuk yang bagus dan tentunya sesuai dengan aturan. Ketinggian buah naga ini dalam waktu satu tahun dapat mencapai tinggi hingga 3 meteran lebih.

Supaya tidak menunggu lebih lama lagi, langsung saja di bawah ini saya berikan berbagai macam manfaat yang bisa kita perloleh dari buah naga merah :

Baca juga : 6 Manfaat Dari Daun Buah Sirsak Untuk Kesehatan

1. Bisa mengurangi resiko diabetes

Diabetes sendiri merupakan penyakit yang disebabkan karena kadar gula di dalam darah yang cukup tinggi. Semakin tinggi kadar gula di dalam darah, maka semakin tinggi juga, resiko untuk terkena penyakit diabetes ini.

Ada solusi untuk mengurangi resiko penyakit diabetes, yaitu dengan mengkonsumsi buah naga merah ini, itu semua bisa terjadi karena di dalam buah naga ini mengandung B1 dan juga kadar glikemik indeks yang rendah. Caranya, tinggal sobat mengkonsumsi buah ini secara rutin, maka kadar gula di dalam darah tidak akan terjadi kenaikan malahan bisa turun.

2. Bisa mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan tidak normal sel-sel jaringan tubuh dan berubah menjadi sel kanker. Di dalam perkembangannya, penyakit ini bisa sangat berbahaya, karena dapat menyebar ke bagian tubuh yang lainnya, dan penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Penyakit kanker ini sangat sulit diobati. Selain itu penyakit ini juga dinobatkan sebagai penyakit paling mematikan no. 2 setelah penyakit serangan jantung.

Nah, seperti saya sebutkan sebelumnya bahwa kanker ini sulit untuk diobati. Maka dari itu, mending kita mencegahnya, juga memang seperti dalam pepatah yaitu "lebih baik mencegah daripada mengobati". Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah naga ini dengan benar.
Menurut penelitjian di Universitas of Chicago, AS, di dalam buah naga ini mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi, sehinggga dengan adanya antioksidan ini maka radikal bebas penyebab kerusakan sel yang memicu kanker dapat dihadang.

3. Untuk kesehatan Tulang

Selain mengkonsumsi susu untuk kebaikan tulang, sobat juga bisa mengkonsumsi buah naga, karena di dalam buah naga, juga mengandung nutrisi kalsium dan fosfor.

Oleh karena di dalam buah naga ini mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Sehingga bagi orang dewasa kandungan tersebut bisa lebih menguatkan tulang, dan bagi anak-anak yang usianya antara 10-20 tahun, kandungan di dalamnya bisa mengoptimalkan pertumbuhan tulang, dan bisa menambah tinggi badan mereka.

4. Dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang cukup mematikan. Buah naga yang di dalamnya terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi, kandungan mineral kalium ini, telah dpercaya bisa melebarkan pembuluh darah. Sehingga dengan lebarnya pembuluh darah tadi, maka dapat menjadikan jantung bekerja lebih ringan dalam memompa darah untuk di salurkan ke seluruh tubuh.

 5. Dapat menyehatkan Mata

Kandungan di dalam buah naga ini juga baik untuk kesehatan mata. Ini terjadi dikarenakan kandungan betakaroten yang terkandung di dalam buah naga sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk merawat kesehatan pada mata dengan cara alami, juga mencegah degenerasi makula.
Selain tadi kandungan antioksidan pada buah naga ini, juga berguna untuk menangkal radikal bebas seperti UVA dan UVB, yang efeknya bisa sangat buruk bagi mata, dikarenakan radiasi tersebut  bisa berpotensi merusak sel-sel dan jaringan yang ada di dalam mata.

6. Baik untuk kekebalan tubuh

Manfaat buah naga selanjutnya yaitu dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Betapa pentingnuya manusia memiliki sistem kekebalan tubuh ini, karena orang yang memiliki kekebalan tubuh yang buruk, dampaknya dapat mudah terkena berbagai macam penyakit.Untuk memperolehnya kita bisa lakukan hal berikut, yaitu dengan cara mengkonsumsi buah ini secara rutin. Kandungan senyawa vitamin C, potassium dan protein yang cukup tinggi, yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

7. Baik untuk ibu yang sedang hamil

Kandungan asam folat, vitamin dan mineral ini baik untuk seorang ibu yang sedang hamil. Kandungan tersebut dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin agar mereka tetap sehat. Selain itu kandungan yang ada di dalam buah naga ini, juga berguna untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Yang harus dilakukan untuk memperoleh manfaat dari buah ini untuk kehamilan yaitu, dengan mengkonsumsi buah naga ini sejak awal trimester pertama sampai melahirkan.

8. Bermanfaat untuk penyembuhan tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dan kadang-kadang disebut juga sebagai hipertensi arteri adalah suatu kondisi dimana tekanna darah di arteri meningkat. Tekanan darah tinggi ini merupakan faktor risiko utama untuk terjadinya stroke, gagal jantung, serangan jantung, aunerisma arteri, penyakit arteri perifer serta penyebab penyakit ginjal kronik. Di dalam buah naga ini mengandung senyawa berupa vitamin B yang bermanfaat untuk penyembuhan tekanan darah tinggi juga dapat mengurangi kadar kolesterol yang tinggi.

9. Dapat mencegah penuaan dini

Pasti sobat tidak mau mengalami penuaan dini, karena penuaan dini ini merupakan kondisi dimana kita akan terlihat lebih tua dari umur kita. Untuk mencegah penuaan dini, sobat bisa mengkonsumsi jus buah naga ini secara rutin. Kandungan antioksidan cukup tinggi yang ada pada buah naga merah ini dapat membantu kulit anda dalam menagkal radikal bebas.

10. Bisa mengatasi masalah jerawat

Kandungan di dalam buah ini juga bisa mengatasi masalah jerawat yang ada di wajah. Jerawat adalah suatu penyakit yang cukup banyak penderitanya. Penyakit kulit ini merupakan keadaan dimana pori-pori kulit tesumbat, sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.
Cara memakainyapun cukup mudah, yakni dengan menggunakan jus buah naga setelah itu, tinggal sobat jadikan msker, dan tinggal di letakan pada wajah.

Baca juga : 9 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Nah itulah berbagai manfaat yang terkandung di dalam buah naga merah. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua, dan mungkin bisa sobat terapakan di rumah.


INIITUKEREN

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »