Tentang Google beserta pendiri, sejarah, layanan dan lainnya

Tentang Google beserta pendiri, sejarah, layanan dan lainnya


Tentang Google beserta pendiri, sejarah, layanan dan lainnya
Google Inc.

Google Inc. merupakan suatu perusahaan multinasional Amerika Serikat yang cakupanya khusus pada jasa dan produk internet. Produk-produk itu diantaranya adalah, search engine, perangkat lunak, pengiklanan daring dan lainnya. Sebagian besar keuntungannya berasal dari Adwords.

Memang perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan terkenal di dunia. Betapa tidak, bayangkan search engine atau mesin pencari di internet yang paling terkenal dan tentunya paling banyak penggunanya ya Google ini. Berdasarkan sumber dari www.it-jurnal.com, Google menempati urutan pertama sebagai mesin pencari terpopuler di dunia, dengan pengunjung rata-rata per bulan yaitu sebanyak 3 milyar. Dan juga memilik peringgakat Alexa yaitu 1. Selain itu google ini juga telah mengalahkan search engine pendahulunya yakni yahoo yang berada di urutan ke-2.

Google didirikan tidak hanya oleh seorang, namun google ini didirikan oleh dua orang yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Pada waktu itu mereka berdua masih berstatus mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua ini memegang  16 persen saham perusahaan. Pada tanggal 4 September 1998 mereka berdua menjadikan Google perusahaan swasta. Misinya mendirikan google ini adalah mengumpulkan informasi dari seluruh dunia sehinnga mebuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang.

Pada tahun 2006 berpindahlah kantor pusat Google ke Mountain View, California. Sejak awal didirikan, dengan pertumbuhan perusahaan yang cepat ini, telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi dan juga kerja sama pada bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan Goole ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk jejaring sosial, paket aplikasi perkantoran, dan surel (surat elektronik). Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajahi web, menyunting juga mengatur foto dan pesan instan. Dan perusahaan ini pula-lah yang telah mempersakai pengembangan dari sistem operasi (Operating System) Android untuk telepon genggam dan juga google Chrome OS.

Perusahaan ini diperkirakan menjalankan lebih dari satu juta server, di bebrapa pusat data yang berada di seluruh dunia, dan memproses lebih dari 1 milyar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya. Pada tahun 2014 google mendapatkan penghargaan dari Business Indeed yakni sebagai perusahaan dengan merk paling bernilai.


Ada sesuatu yang menurut saya bisa membuat kita mudah bila menggunakan produk dari Google ini. Yang bisa memudahkan kita bila menggunakan produk dari google yang pertama diantaranya yaitu terdapat pada akun google. Pada akun Google, dengan kita hanya mendaftar satu akun manapun yang tentunya berada di bawah naungan google, maka kita bisa gunakan untuk seluruh google. Terdapat slogan dari pihak google sendiri yang bunyinya yaitu "Satu akun untuk seluruh google". Selain tadi, yang saya suka pada google ini adalah tampilannya yang sederhana sehinnga membuat ringan. saat melakukan pemuatan. Dan memang selain yang saya telah sebutkan tadi di atas memang masih ada lagi kelebihan dari perusahaan ini menurut saya yang tentunya membuat kita menjadi terbantu.

Nah tahukah sobat bahwa berdasarkan dari informasi yang saya dapatkan ternyata google ini meimiliki layanan lebih dari 45 layanan.
Layanan yang dimaksud diantaranya :

1. Google Plus/Google+ merupakan layanan jejaring sosial, tentu gunanya untuk berkomunikasi dan bisa juga untuk berbagi juga lainnya, Namun google plus ini sepertinya masih kalah dengan jejaring sosial Facebook, namun untuk kedepannya tidak menutup kemungkinan bisa menggesernya tentunya dengan syarat harus memiliki nilai yang lebih.

2. Gmail, adalah sebuah layanan dari google berbentuk surel. pada Gmail  ini pengguna bisa mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4.

3. Google Apps, ini merupakan aplikasi pada jaringan (online) yang bisa memungkinkan berbagai aplikasi dari google dapat sesuai untuk digunakan dalam situs pribadi.

5. Google Talk (Gtalk) adalah layanan aplikasi berbasisi web dari perusahaani ini yang dibuat sebagai sarana untuk berkomunikasi dalam pesan instan dan VoIP. Layanan ini bisa digunakan apabila kita sudah memiliki akun di Google.

Nah dari kelima layanan google di atas layanan manakah yang paling sering sobat gunakan?

Nah kita sekarang akan membahas sekilas tentang OS yang dimiliki perusahaan ini. seperti yang telah saya singgung di atas yaitu "Android".
Andoid sendiri merupakan suatu OS (Operating System) yang berbasis linux yang dirancang untuk digunakan pada perangkat bergerak touch screen (layar sentuh). Pada awalnya Android ini dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari google. Dan pada akhirnya google membelinya pada tahun 2005. Sistem Operasi ini resmi dirilis pada tahun 2007. Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh android ini maka tidak heran menjadikannya sebagai sistem operasi smart phone paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Nah mungkin itu sekilas tulisan tentang Google dan juga turunannya, dan semoga dapat menambah wawasan bagi sobat semua. Dan mungkin, di antara sobat semua ada yang ingin menjadi seperti seorang Larry Page atau Sergey Brin?. dan semoga ada dan bisa. Amiin.


INIITUKEREN

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »