5 teknologi yang ada pada mobil F1

5 teknologi yang ada pada mobil F1


Dapat kita ketahui sobat, bahwa F1 merupakan suatu ajang balapan mobil, yang kecepatannya tentu tidak diragukan lagi. Dengan berbagai kecanggihan yang dimiliki pada mobil F1, memang telah membuat ajang balapan mobil ini, menjadi ajang balapan yang harus mengguanakan uang yang tidak sedikit untuk bisa berkopetisi di dalamnya. F1 (formula one) ini juga suka desebut dengan jet darat.

Ajang Formula satu ini, sejak awal kemunculannya, tentu saja tidak langsung menjadi sencanggih sekarang. Hingga menjadi canggih seperti sekarang ini, tentu saja ada perkembangannya dari waktu ke waktu, Berbagai teknologi yang telah diterapkan pada mobil f1 era modern ini, yang tentu memiliki kegunaannya masing-masing, seperti misalnya untuk keamanan, untuk kecepatan, akselerasi dan mungkin ada juga lainnya.

Pada kesemapatan kali ini, kita akan membahas tentang 5 teknologi yang ada pada ajang formula one era modern ini.

Supaya tidak menunggu terlalu lama, maka langsung saja simak ulasannya yang saya tuliskan di bawah ini:

1. Drag reduction system

DRS atau drag reduction system adalah sebuah alat pada jet darat yang diperkenalkan pada musim formula one 2011. Tujuannya yaitu supaya dapat mengurangi drag aerodinamika dengan harapan dapat menambah aksi mnyalip.

DRS  ini akan membuka flap yang telah diatur pada sayap belakang. Pada saat tertutup ini, maka akan menciptakan lebih downforce. DRS ini hadir dengan beberapa kondisi, misalnya  saja saat mengejar mobil, harus berada satu detik untuk DRS yang diaktifkan.

2. Teknologi yang ada pada setir mobil F1

5 teknologi yang ada pada mobil F1
 setir mobil F1


F1 ini mobil yang canggih, dengan kecanggihannya itu, terdpat pula pada setir atau alat kemudinya yang tentu saja berbeda dengan mobil pada umumnya, Pada setir mobil f1 ini memiliki banyak tombol, yang semuanya itu memiliki tugasnya msing-masing.

Berikut saya tuliskan beberapa contoh tombol yang terdapat pada setir mobil formula satu:

1. Tombol MSG ok, merupakan tombol yang berfungsi untuk menset fungsi-fungsi semuanya  yang terdapat di dalam mobil.
2. Tombol Differential adjustment, kegunaannya yaitu sebagai tombol pengatur traksi dan grip pada keempat roda mobil f`1. Selain itu tombol ini juga berfungsi untuk mengatur stabilitas pengereman dan mengatur sistim mobil pada saat berbelok.
3. Tombol Menu scroll buttons gunanya sebagai tombol untuk memilih berbagai macam menu yang terdapat didalam mobil.
4. Neutral switch Tombol ini berfungsi untuk mengembalikan setingan mobil ke posisi normal.

dan masih banyak lagi tombol beserta kegunaannya yang untuk kali ini saya tidak bisa sebutkan semua.

3. Front wing (sayap depan)

Front wing (sayap depan)
Front wing (sayap depan)

Sayap depan pada mobil f1 adalah suatu komponen aerodinamika yang terpenting pada mobil f1. Karena alat ini merupakan komponen utama yang akan berinteraksi dengan udara. Front wing sendiri memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk menciptakan downforce pada depan mobil dan untuk mengalihkan udara kepada komponen-komponen lainnya, supaya mengurangi drag, atau gaya lambat yang dpat memperlambat laju mobil pada saat di trek lurus.
Sehingga Dengan adanya wing front berfungsi sebagai alat yang bisa lebih menambah tekanan mobil ke aspal.

4. Mesin/Engine

Mesin mobil f1 merupakan komponen yang penting. Batas puncak mesin dapat meraih 20.000 rpm, dan dapat disimpulkan bahwa mesin formula satu ini memiliki langkah yang sangat pendek (oper square). Begitu pendeknuya, sehingga langkah piston lebih pendek dibandingkan dengan diameter pistonnya dengan perbandingan mencapai 1:2. Konsekuensinya putaran mesin jadi cenderung lebih tinggi bila dibanding dengan mesin konvensional.

5. Rem 

Rem pada mobil formula satu ini tentunya berbeda jauh dengan rem cakram biasa. Perbedaan yang terlihat besar yaitu rem pada mobil formula one ini harus bisa menghentikan mobil yang sedang berjalan pada kecepatan hingga lebih dari 300 kilometer per jam. Hal ini menjadikan rem menyala merah-panas ketika itu terjadi. Supaya dapat mengurangi keausan dan meningkatkan kinerja pengereman, cakram serat karbon dan lainnya ditambahkan pada susunan rem mobil formula one. Sistem rem ini efektif pada suhu hingga 750 derajat celcius. Lubang yang terdapat pada sekitar tepi cakram, memungkinkan panas untuk dapat mengalir lebih cepat.


Dan itulah daftar 5 teknologi yang ada pada mobil F1. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi sobat semua.


INIITUKEREN

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »