4 Bangunan tua indah yang ada di Indonesia versi iniitukeren

4 Bangunan tua indah yang ada di Indonesia versi iniitukeren


Bangunan adalah struktur buatan manusia yang terdiri atas dinding dan atap yang didirikan secara permanen di suatu tempat. dikutip dari wikipedia bahasa indonesia. 

Bangunan di dunia saat ini jumlahnya tentunya sangat banyak, bayangkan saja di daerah tempat saya tinggal saja, yang notabene bukan merupakan sebuah kota madya melainkan sebuah kabupaten. bangunan yang terdapat di tempat saya ini jumlahnya banyak. Apalagi keseluruhan jumlah bangunan yang telah dibuat di seluruh bumi tempat kita berpijak ini.

Dengan banyaknya bangunan di dunia ini, tentu tidak sama semua, baik jenis, keindahan maupun lainnya, Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang bangunan-bangunan kembar di dunia, bangunan gedung tertinggi di dunia, ataupun bangunan terbesar di dunia. Namun pada kesemapatan kali ini saya akan membahas tentang bangunan keren yang ada di indonesia. Dan bukan bangunan modern yang akan saya bahas namun banguna bersejarah dan cukup tua.

Supaya tiidak menunggu lama mari kita simak daftar 4 bangunan tua indah yang ada di Indonesia, berikut ini :


1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan sebuah candi buddha, dan letaknya berada di Borobudur, Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Jaraknya dari ibukota Jawa Tengah, Semarang, adalah kurang lebiah sekitar 100 kilometeran ke arah barat daya. Candi Borobudur ini dibangun oleh orang-orang penganut agama buddha Mahayana. Didirikan sekitar tahun 800-an masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra.

Bila sobat pernah atau setidaknya hanya bisa melihat foto candi Borobudur baik di internet atau dimanapun itu, kita bisa lihat bahwa candi ini terdiri dari enam tersa berbentuk bujursankar yang diatasnya terdapat teras 3 tersa yang melingkar. Menurut bukti-bukti sejarah. Borobudur ini ditinggalkan pada abad ke-14.
Selain keindahan yang dimiliki candi ini, pemandangan alam yang berada di sekitar candi buddha ini juga memang indah. jadi bila sobat pergi ke tempat ini dan menaikinya maka selain melihat keindahan candi juga bisa melihat keindahan alam yang berada di sekitarya.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan suatu Bangunan yang sama seperti di atas, yakni sjenis candi namun candi ini bukannya candi agama Budha seperti Candi Borobudur tadi di atas melainkan candi Hindu. Candi Prambanan ini merupakan kompleks candi Hindu paling besar di indonesia. Lokasi kompleks candi Prambanan atau candi Roro Jonggrang ini, sama dengan namanya yakni berada di kecamatan Prambanan, Sleman, dan berada di kecamatan Prambanan, Klaten. Atau kurang lebih 17 km timur laut Yogyakarta, 120 km ke arah selatan bila dari Semarang, 50 km barat daya bila dari Solo.

Bangunan ini pertama dibuat sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan, dan selanjutnya disempurnakan juga diperluas oleh Raja Lokapala dan juga raja Balitung Maha Sambu.

Untuk melihat keindahannya bisa sobat lihat pada foto di bawah ini:


4 Bangunan tua indah yang ada di Indonesia
Candi Prambanan


3. Istana Bogor

Bila sebelumuya saya membahas tentang candi, maka kali ini saya membagikan tentang istana. Istana yang dimaksud yaitu  istana Bogor. Istana Bogor merupakan suatu istana yang lokasinya berada Di daerah Bogor, Provinsi Jawa Barat. 


4 Bangunan tua indah yang ada di Indonesia
Istana Bogor

Istana Bogor saat ini merupakan salah satu dari ke-enam istana Presiden Republik Indonesia. Yang unik dari Istana Bogor ini yaitu, terdapat rusa-rusa yang berada di halaman isatana. Selain bangunannya yang cantik. yang membuatya semakin indah, terdapat suatu halaman yang cukup luas dan diselimuti oleh rumput yang hijau, dan seperti telah di sebutkan di atas tadi yakni terdapat rusa di halamannya.

Istana ini dibangun pada bulan agustus tahun 1744. Pada awalnya merupakan suatu rumah untuk peristirahatan. Perlu diketahui juga bahwa istana bogor ini sejak tahun 1870-1942, merupakan tempat kediaman resmi 38 Gubernur Jenderal Belanda dan juga 1 orang gubernur Jenderal Inggris.


4.Museum Nasiona Inonesia

Museum Nasional Insonesia ini lokasinya berada di Kota Jakarta tepatnya berada di jalan Merdeka barat. Jakarta pusat. Museum ini adalah museum pertama dan terbesar di kawasan asia tenggara. Cikal bakalnya museum ini sendiri yaitu terlahir pada tanggal 24 April 1778.

Bangunan Museum Nasional 

Bangunan ini memiliki gaya klasisisme. Gedung ini dibangun pada tahun 1862 oleh pemerintah sebagai tanggapan atas perhimpunan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen.

Bila sobat pergi ke museum ini, tentunya selain melihat keidahan museum, juga sekaligus bisa sambil belajar juga menambah wawasan tentang sejarah.


Nah mungkin itulah daftar tentang 4 Bangunan tua indah yang ada di Indonesia versi Iniitukeren. Semoga dapat menambah wawasan bagi sobat semua.


INIITUKEREN

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »