Kemajuan Pembangunan daerah timur Indonesia

Kemajuan Pembangunan daerah timur Indonesia

Kemajuan Pembangunan daerah timur Indonesia
Kota Ambon

Bertemu lagi dengan iniitukeren, yang pada kesempatan kali ini akan membagikan artikel tentang kemajuan pembangunan daerah timur Indonesia. Kemajuan daerah timur Indonesia maksud saya disini yaitu tentang perkembangannya maupun tentang hal apa yang telah di dapatkan dan di terapkan pada negara Indonesia kawasan timur,

GBHN 1993 mengamanatkan maksudnya sendiri, bahwa perlunya menyerasikan laju pertumbuhan antar daeerah dan melaksanakan otonomi daerah yang nyata, serasi, dinamis, juga bertanggung jawab di dalam suatu kesatuan wawasan nusantara. 

Memang kawasan barat indonesia saat ini bila dirata-ratankan, pembangunanya lebih maju bila dibandingkan dengan kawasan Timur Indonesia. Khususnya bisa kita lihat pada pulau Papua yang memiliki daratan yang luas namun terdapat kekurangan dalam hal insfrastruktur.

Namun beruntungnya sekarng ini di kawasan timur dari negara kita ini, menurut saya  pribadi pembangunanya agak lebih meningkat. Misalnya saja pada pulau Papua, di sana sedang gencar-gencarnya membuat jalan. jalan yang dimaksud yaitu jalur trans papua.

Supaya lebih mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan utama, apa saja yang membuat negara indonesia kawasan timur ini lebih terlihat, mungkin bila dirata-ratakan agak sama dengan kawasan barat indonesia.


Berikut 3 perkembangan kemajuan daerah timur Indonesia menurut iniitukeren

1. Jembatan Ir. Soekarno

Pembangunan kemajuan di tumur Indonesia yang pertama saya sebutkan adalah. Jembatan Ir. Soekarno, yang tentu penamaannya berdasarakan Bapak presiden kita yang pertama, Ir. Soekarno. Jembatan ini sendiri berlokasi di Manado, Sulawesi Utara. Sempat terbengkalai selama 12 tahun lamanya, akhirnya jembatan ini diresmikan pada bulan Mei tahun 2015, Dana yang dibutuhkan untuk membangun jembatan keren ini yaitu sebanyak Rp. 300 Milyar. Jembatan ini memiliki panjang 1,127 kilometer.

2 Jembatan Merah Putih

Jembatan Merah putih merupakan jembatan yang berlokasi di kota Ambon, Provinsi Maluku. Bangunan ini dibangun sejak tanggal 17 Juli 2011. Dan peresmiannya sediri dilaksanakan pada 4 April 2016, diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo. Dana yang dibutuhkan untuk membangun jembatan Merah putih ini yaitu sebanyak Rp.779,2 Milyar
Tujuan dibangunnya jembatan Merah Putih yaitu untuk mempercepat waktu tempuh perjalanan antara bandara Internasional Patimura dan Pusat Kota Amabon.

3. Jalan Trans Papua

Jalan Trans Papua dengan pnjang 4330,07 kolometer ini akan menghubungkan dari Sorong yang berada di Provinsi Papua Barat dengan Merauke yang terletak di Provinsi Papua. Memang sulit membagun jalan di trans Papua namun harus dapat terselesaikan sehingga dapat tercapainya kemajuan di Pulau Papua. Kesulitan yang dimaksud, seperti mobilitas peralatan yang susah, karena lokasinya yang terpencil, selain itu yaitu ada masalah juga pada sektor keamanan. 
Dengan dibangunnya jalan trans Papua ini, diharapkan dapat meningkatkan juga memajukan ekonomi di pulau Papua. 

Itulah yang bisa menjadikan tanda bahwa di kawasan timur Indonesia semakin  maju. Dan kedepannya semoga.dengan dibangunnya infrastruktur tadi bisa tercapai tujuan utamanya.

Dan sekian juga postingan tentang "Kemajuan Pembangunan daerah timur Indonesia" semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua.

INIITUKEREN

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »