Daftar kota terbesar berdasarkan jumlah penduduk yang berada di masing-masing dari 5 pulau besar di Indonesia

Daftar kota terbesar berdasarkan jumlah penduduk yang berada di masing-masing dari 5 pulau besar di Indonesia


Kota merupakan kawasan pemukiman yang secara fisik ditunjukkan oleh kumpulan rumah-rumah yang mendominasi tata ruangnya dan memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kehidupan warganya secara mandiri. sumber : wikipedia.

Sudah banyak tentunya kota-kota yang bertebaran di negara kita ini, mulai dari kota yang paling kecil sampai kota yang paling besar, atau ada juga kota yang paling maju. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel dengan judul "Daftar kota terbesar berdasarkan jumlah penduduk, yang berada di masing-masing dari 5 pulau besar di Indonesia" Judulnya memang terlihat panjang kan sobat. Tapi memang itulah judul yang saya berikan untuk artikel kali ini.

Nah berikut di bawah ini saya tuliskan untuk sobat yang mungkin penasaran kota mana sajakah itu:
bersumber dari wikipedia berdasarkan sensus penduduk tahun 2010.

Pulau Jawa ( Kota Jakarta)

Pulau Jawa ( Kota Jakarta)
Kota Jakarta

Memang tidak diragukan lagi bahwa DKI Jakarta ini menduduki posisi pertama, sebagai kota paling banyak jumlah penduduknya di pulau Jawa ini, dan bahkan di negara Indonesia. Pada tahun 2010 sendiri tercatat bahwa kota ini berpenduduk 9.586.705 jiwa. Mungkin sobat semua sudah tahu letak kota ini, bila saya tidak menuliskan di pulau mana kota ini berada sekalipun.

Pulau Sumatera (Kota Medan)

Pulau Sumatera tentunya merupakan salah satu pulau besar di Indonesia. Pulau ini memiliki luas daratan seluas 473.481 km², dan yang menjadi kota berpenduduk paling besar di Pulau Sumatera ini adalah kota Medan. Kota Medan sendiri merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara. Selain kota terbesar di Pulau Sumatera, Medan ini merupakan kota paling besar ke tiga di Indonesia. Yang berada di urutan ke satu, yaitu tadi kota yang saya sudah tulis di atas adalah kota jakarta di pulau Jawa, dan kota Surabaya yang berada di posisi ke dua dan masih berada di pulau Jawa. Jumlah penduduk di kota Medan, pada waktu itu yaitu 2.497.183 jiwa.

Pulau Sulawesi (Kota Makassar)

Pulau Sulawesi yang memiliki bentuk hampir sama dengan huruf K ini merupakan pulau besar di Indonesia juga tentunya. Kota paling besar yang berada di pulau Sulawesi ini adalah kota Makassar. Kota Makassar merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi Selatan. Kota Makassar sendiri berpenduduk sebanyak 1.331.391 orang pada tahun 2010.

Pulau Kalimantan (Kota Samarinda)

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Negara Indonesia, selain itu pulau ini juga merupakan pulau yang berbatasan darat langsung dengan negara tetangga Malaysia. Di Pulau Kalimantan ada kota Samarinda. Kota Samarinda adalah kota dengan penduduk 685.859 pada waktu itu dan menjadikannya kota berpenduduk paling besar di pulau Kalimantan. Kota ini merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur. 

Pulau Papua (Kota Jayapura)

Pulau Papua (Kota Jayapura)
Kota Jayapura

Yang terakhir yaitu Jayapura sebagai kota dengan jumlah penduduk paling banyak di Pulau Papua. Kota yang satu ini pada tahun 2010 perpenduduk sebanyak 233.859 penduduk. Selain menempati urutan pertama dengan kota berpenduduk paling banyak di pulau Papua, Jayapura ini menenpati urutan ke-45 sebagai kota berpenduduk paling banyak di negara indonesia. Jayapura sendiri merupakan ibukota dari Provinsi Papua.


Nah itulah daftar kota terbesar berdasarkan jumlah penduduk yang berada di masing-masing dari 5 pulau besar di Indonesia, dan mungkin kota/tempat tinggal yang sobat tinggali termasuk ke dalam daftar tadi di atas, atau mungkin berbatasan langsung dengan kota tersebut. Selain itu, dari lima kota di atas, barangkali bisa juga dijadikan sebagai tujuan wisata bagi sobat sendiri atau mungkin bersama dengan keluarga.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »