Cara mengetahui apakah ada yang men copy paste tulisan pada artikel dari blog kita, berdasarkan pengalaman pribadi

Cara mengetahui apakah ada yang men copy paste tulisan pada artikel dari blog kita


Tulisan tentu saja merupakan alat yang bisa digunakan, baik ita sebagai alat komunikasi, sebagai alat pengingat, sebagai alat untuk memberikan informasi (misalnuya tetnang berita pada koran dan pada berita online yang berada di internet), atau bisa juga sebagai alat informasi lainnya, seperti berbagi tentang pengalaman yang telah dialami oleh seseorang. Seperti saya sendiri, yang panda kesempatan kali ini, saya akan mencoba membagikan tentang, cara mengetahui apakah ada yang men-copy paste tulisan pada artikel dari blog kita.

Kadang kala pada suatu artikel di internet terdapat tulisan yang sama, dikarenakan berbagai macam alasan yang membuat si pelaku melakukan hal tersebut. Mungkin karena ingin mengutip pada tulisan yang berada di situs orang lain, atau bahkan ada yang bukan mengutip lagi, yakni suatu kegiatan yang menurut saya tidak mau ambil ribet dan ingin cepat, yaitu, men-copy paste seluruh artikel di blog atau situs orang lain, kemudian di publish. Dan tentu itu menyalahi aturan, karena hal tersebut dapat merugikan bagi orang yang menulis artikel tersebut dengan susah payah.

Namun perlu diketahui, ini merupakan tips dari saya sendiri, yang saya bagikan pada kesempatan kali ini adalah untuk mengetahui tulisan kita ada yang copy paste oleh orang lain dan dipubllikasikan ulang oleh orang lain. Atau mungkin kegiatan ini bisa juga sebagai kegiatan untuk iseng-iseng semata, dengan melihat tulisan di dalam artikel orang lain di internet, yang mungkin penasaran apakah ada yang sama atau tidak tulisannya dengan artikel milik orang yang lainnya. Namun ini hanya menyamakan tulisan saja, tanpa bisa msengetahui yang mana tulisan aslinya.

Cara yang menurut saya sendiri sangat mudah, dan tidak perlu memakan waktu lama untuk melakukannya, dan tentunya tidak memerlukan keahlian khusus, apalagi berguru kepada para profesor atau isinyur, (becanda sedikit :)).

Nah langsung saja berikut ini tips, bagaimana caranya supaya kita bisa mengetahui apakah tulisan kita ada yang menyalin dan menempel:

1. Hal yang pertama, utama dan penting tidak lain dan tidak bukan adalah koneksi ke internet tentunya

2. Setelah koneksi ke internet sudah tersambung dan hal lainnya sudah siap hal berikutnya yang harus sobat lakukan adalah, membuka artikel sobat atau tulisan mana yang ingin diselidiki

3. Nah, selanjutnya, salin beberapa kata yang berada pada tulisan di artikel yang telah sobat posting, maksimal 32 kata.

4. Selanjutnya tinggal sobat paste di search engine atau mesin pencari. Dan yang saya sarankan yaitu menggunakan mesin pencari yang paling populer. yaitu google. Hal itu tentu karena menurut saya pribadi google ini adalah mesin pencari paling banyak hasil pencariannya. tapi itu menurut saya

search google
google search results


5. Selanjutnya tinggal kita pilih artikel pada hasil pencarian google tadi, yang mana yang akan kita pilih untuk di buka. Selanjutnya tinggal kita baca tulisannya apakah ada yang sama. Kalau pusing mencari tinggal tekan ctrl+f lalu paste tulisan yang tadi sobat telah pastekan di search engine. dan selanjutnya tinggal dibaca.


tip di atas bisa kita terapkan dan lebih mudah bila kita menulis hasil karya sendiri, bukan hasil copas juga.

Mudah bukan, namun saya ingatkan kembali bahwa cara ini hanya menurut pengalaman saya sendiri, tanpa tahu apakah orang tersebut menyalin, atau hanya kebetulan menulis sama persis, tapi memang kalau tidak menyalahi aturan ya gak masalah sih, slow.

Demikian postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »