Perkembangan F1 hingga dekade sekarang

Perkembangan Formula 1 hingga dekade sekarang

Bagi anda pecinta balapan terutama bagi anda yang pecinta balap mobil, pasti tidak asing lagi apa itu f1 (formula one), 

F1 atau formula satu merupakan ajang tertinggi balap mobil formula dengan tempat duduk tunggal.
F1 dimulai pada tahun 1950 dan saat itu balapan f1 memang tidak secanggih bila dibandingkan dengan zaman sekarang
Pada saat ini memang mobil f1 terlihat sangat sempurna jika dibandingkan dengan era dahulu, namun itu semua hasil dari pengembangan-pengembangam mobil dari tahun  ke tahun atau dari waktu ke waktu. Dan dari tahun ke tahun itu ada perubahan-perubahan di dalam mobil f1, selain dalam mobil f1 perubahan juga bisa terjadi pada sektor lainnya.

Dan di bawah ini ulasan sedikit tentang perkembangan-perkembangan formula satu.

Era 1950

f1 era 50-an
f1 era 50-an

Pada tahun 1950 mobil f1 mulai digelar. Pada awal mula digelarnya  mobil f1 ini balapan diikuti oleh 18 tim dan 21 peserta. Namun dikarenakan biaya untuk berkopetisi di ajang balapan f1ini mahal, sehingga banyak tim yang akhirnya gulung tikar dan keluar dari persaingan.
Poin yang diperoleh pada saat awal formula 1 digelar untuk seorang pemenang diberi poin delapan. Dan hanya lima pembalap yang paling depan yang akan memperoleh poin.
Pada era tahun 1950-an ini, teknologi yang berkembang adalah pada penggunaan rem cakram juga mesin nonturbo yang bisa menghasilkan 100 tenaga kuda/1000 cc. Selain itu, teknologi yang berkembang pada era ini, yaitu mesin diletakan di bagian belakang mobil.

Era 1960-an

f1 era 60-an
f1 era 60-an

Pda era 1960-an ini mulai diwajibkannya pemakaian baju tahan api, sabuk pengaman, penggunaan helm dan juga kacamata khusus. Pada era ini perubahan teknologi mulai muncul , salah satunya, yaitu pergantian gerak roda belakang. Keuntungan pada perubahan ini, yakni mobil lebih gampang dikendalikan jika dibandingkan dengan era sebelumnnya, mobil yang masih sulit dikendalikan di trek walaupun dilengkapi supercharger. Pada akhir era 1960-an, mobil formula satu sudah dapat menghasilkan 360 tenaga kuda.

Era 1970-an

Pada era tahun 1970-an ini ada yang unik, diantaranya penggunaan enam roda, seperti Tyerell-Ford P-34, era 1970-an yang menjadi awal revolusi teknologi balap, Namun akhirnya penggunaan lebih enam roda pun dilarang.
Pada era ini, pengembangan-pengembangan lainnya juga terus dilakukan, seperti pada sistem aerodinamika, model sayap, kapasitas mesin, juga kinerja sistem transmisi.

Era 1980-an

Pada era ini, mobil formula 1 dengan bodi menggunakan serat karbon mulai hadir, salah satu yang menjadi pelopornya adalah McLaren mp4/1. selain itu, teknologi lainnnya yang muncul pada era ini yaitu double chassis, bukaan katup pneumatik, persneling semi otomatis dan suspensi aktif. Pada masa era ini, tenaga yang bisa dihasilkan yaitu mencapai 1500 tenaga kuda, itu diakibatkan dari penggunaan turbo.
Pada era ini juga, diwajibkannya para pebalap mempunyai Superlicense (SIM khusus bagi pebalap F1).

Era 1990-an

Pada era 1990-an ini, biaya untuk berkompetisi di ajang balapan f1 mulai meningkat, ini disebabkan karena mulai majunya teknologi. Hingga di era ini bisa disebut uang merupakan kekuatan yang sangat menentukan keberhasilan tim dan pebalapnya.
Pada masa ini, juga mulai diperkenalkannya alat bantu elektronik, mulai dari power steering, traction control, dan juga gearbox semiotomatis.
Tyrell 0-19 membawa perubahan pada bentuk mobil f1 saat ini, dengan rancangan bentuk bodi yang lebih aerodinamis dan rancangan sayap hidung yang berundak.
Pada era ini juga, f1 banyak terjadi perubahan karena banyaknya regulasi baru yang mengatur keselamatan pebalap.

Era 2000-an

Pada masa tahun 2000-an atau abad ke 21 ini, mulai berakhirnya era mesin dengan 10 silinder yang telah digunakan lebih dari 2 dekade. dan mulai beralih ke mesin bersilinder delapan yang mulai diperkenalkan pada musim 2006.
Pada sektor keamanan pebalap pun lebih diperketat lagi.pada era ini, mereka harus memakai pengaman kepala dan leher atau HANS (Head and Neck Support)
Pada era ini juga, badan administrasi F1 mulai membuat merek dagang, termasuk logo dan juga situs web remi www.formulaone.com.
Pada era 2000-an ini, akhirnya penantian Ferarri selama 21 tahun, untuk meraih suatu gelar juara dunia pebalap, dapat terbayar, saat itu diperkuat oleh Michael Schumacher, merupakan pebalap asal Jerman.

Era 2010-an

Mobil f1  pada era sekarang semakin canggih, baik dari mesin, juga perangkat elektroniknya yang semakin hebat, setir mobil pada zaman sekarang ini juga semakin canggih, karena di bagian setir sudah dilengkapi dengan tombol-tombol yang beragam fungsi, termasuk juga pengaturan persneling.
Selain pada mobil yaitu pada bagian keamanan untuk pebalap juga semakin maju.

Dan itulah perkembangan F1 dari dekade ke dekade. Meskipun sekarang mobil formula satu sudah sangat canggih tapi tidak menutup kemungkinan bahwa di masa yang akan datang mobil F1 akan semakin canggih lagi.


sumber : kaskus

Share this

Related Posts

First