Objek Wisata Citumang Pangandaran

Objek Wisata Citumang Pangandaran


Pangandaran merupakan sebuah kabupaten yang bertempat di sebelah timur bagian selatan provinsi Jawa  Barat. Sebelum menjadi Kabupaten, dulunya Pangandaran ini merupakan bagian dari kabupaten Ciamis, dan dipecah menjadi kabupaten Pangandaran. Pada UU No. 21/2012 dituturkan, Kabupaten Pangandaran berasal dari sebagian wilayah Kabupaten Ciamis, yang terdiri dari: Kecamatan Parigi, Kecamatan Cijulang, Kecamatan Cimerak, Kecamatan Cigugur, Kecamatan Langkaplancar, Kecamatan Mangunjaya, Kecamatan Padaherang, Kecamatan Kalipucang, Kecamatan Pangandaran dan Kecamatan Sidamulih. Ibu Kota Kabupaten Pangandaran berkedudukan di Kecamatan Parigi.

Tempat wisata di Pangandaran jumlahnya banyak, dan keren-keren. Tempat wisata terkenal di Kab. Pangandaran adalah pantai Pangandaran, disini ombaknya lumayan besar, dikarenakan lokasinya yang langsung menuju ke samudera Hindia. Selain pantai Pangandaran ada juga yang berkaitan dengan laut lainnya seperti Batu Hiu, Batu karas, dan lainnya, itu yang berkaitan dengan laut.

Namun yang akan dibahas pada kesempatan kali ini bukanlah objek yang berkaitan dengan laut sesuai dengan yang disebutkan di atas, dan mungkin ini agak sedikit asing, yaitu "Tempat wisata Citumang". Objek wisata Citumang memiliki daya tarik, karena disini kita akan bermain body rafting dan mengarungi sungai yang membelah hutan jati, dengan airnya yang jernih, bening dan berwarna kebiruan. Disini sobat bisa menikmati bagaimana rasanya menikmati ketenangan alam sambil tiduran di sungai. dan lainnya.

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, Rute menuju lokasi kurang 15 kilometer dari Pangandaran ke arah barat. Atau kurang lebih 4 km dari jalan raya Pangandaran - Cijulang. Jarak seluruhnya bila dari kota Ciamis kurang lebih 95 km.

Berdasarkan pengalaman pribadi, utnuk bermain di objek wisata ini, pertama-tama ditanya dulu mau makan dengan apa, ini ditanyakan untuk makan nanti setelahnya kita selesai body rafting dan selain itu kita juga diperintahkan untuk memakai pelampung, lalu melakukan foto bersama di pos citumang. Kita juga disana akan deberi satu orang pemandu. Tugas pemandu ini tentunya memandu jalannya body rafting yang akan dilakukan dan juga mengabadikan momen-momen yang wajib untuk diabadikan dalam jepretan kamera ataupun direkam.  kita juga bisa titipkan barang yang tidak akan dibawa renang, seperti sandal, handphone dan lain-lain. Setelah semua siap maka langkah selanjutnya tinggal ikuti saja apa yang diperintahkan oleh pemandu.

Objek Wisata Citumang
Objek wisata Citumang Pangandaran
Sedikit cerita yang telah dialami, pertama-tama kita akan dibawa menuju bibir guha, Sobat juga bisa masuk menuju dalam gua. Namun saat itu saya dan kawan-kawan tidak menerobos ke dalam gua, dikarenakan kondisinya yang ramai dengan pengunjung. Namun langsung diarahkan untuk naik ke bibir gua, inilah salah satu yang teraamat menegangkan dan menguji adrenalin. Di bagian pertama ini kita diperintahkan untuk terjun dari bibir gua, namun tingginya saya kurang mengetahui, entah sekitar 5, 6 atau mungkin 7 meter. Untuk bagian selanjutanya kita akan mengarungi sungai tanpa menggunakan perahu atau istilahnya disebut dengan "Body rafting".  Ada juga lompatan-lompatan kecil dan ada lagi satu lompatan tinggi. Selain itu kita juga berbaris, namun sambil tiduran dan menempelkan kaki ke teman yang berada di depan kita dan dibiarkan hanyut di atas permukaan air sembari menikmati suasana keasrian Citumang.

Citumang Pangandaran
Objek wisata Citumang Pangandaran

Setelah selesai bermain air dan basah-basahan tentunya di dalam air sungai yang jernih tadi, selanjutnya kita akan diarahkan ke sebuah warung makan, lalu disajikanlah makanan yang telah dipesan sebelumnya, dan siap untuk disantap.

Nah itulah tentang objek wisata Citumang yang berlokasi di kabupaten Pangandaran, dan mungkin bisa dijadikan sebagai tujuan wisata bagi sobat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »