Kemajuan Teknologi Membuat Bumi Terasa Semakin Kecil

Kemajuan Teknologi Membuat Bumi Terasa Semakin Kecil

Pesawat Ulang Alik
Peluncuran pesawat Ulang Alik, salah satu kecanggihan teknologi masa kini

Planet Bumi merupakan planet yang berada di urutan ke tiga dari pusat tata surya kita, Matahari. Setelah sebelumnya ada planet Merkurius di urutan pertama, dilanjut dengan Venus di urutan ke dua. setelah itu baru planet Bumi yang kita tinggali, dan seterusnya.

Planet Bumi merupakan planet yang ideal bagi kehidupan mahluk hidup, mengapa?Karena di Planet ini mengandung suatu unsur atau hal yang mendukung terjadinya suatu kehidupan. Diantaranya, pada gravitasi bumi yang pas, sehingga dengan itu maka manusia dapat hidup denagan nyaman. Gravitasi bumi sendiri berada di angka 9,807 m/s².Coba kita bayangkan bagaimana jadinya bila bumi memiliki gravitasi sama dengan bulan, yakni 1,622 m/s², yang ada kita malahan bisa melocat dengan lebih tinggi, hal itu memang terlihat seperti menarik, namun bila kita lebih telik, mungkin kita susah untuk menjalankan hidup normal seperti kita hidup di bumi sekarang ini.

Selain itu ada juga faktor lainnya mengapa planet Bumi ini layak huni, dan menurut saya, ini mungkin paling penting. yaitu adanya air. Air sendiri merupakan sumber utama terjadinya suatu kehidupan. karena berbagai keutamaan yang dimilikinya. Tanpa adanya air mahluk hidup bisa mati.

Nah, penjelasan yang sudah di uraikan di atas, artinya memang kita ini lahir di planet yang tepat. Tentunya memang karena Allah SWT maha mengetahui dan telah merencanakan semuanya. 

Planet Bumi adalah planet yang besar bila dibandingkan dengan diri kita ini yang kecil. Luas permukaan planet Bumi sendiri adalah 510,1 juta km². Bayangkan saja saking luasnya sampai-sampai gunung yang terlihat menjulang pun bila kita lihat dari luar angkasa maka gunung itu nampak rata dan mungkin tidak terlihat karena ukurannya yang kecil dibandingkan dengan benda besar ini.

Sebenarnya planet Bumi tidaklah mengecil tetapi seperti judul di atas maksudnya, bahwa kecanggihan teknologilah yang membuat planet bumi ini terasa semakin mengecil. mengapa demikian?. 

Hal-hal yang dapat menjadikan itu semau misalnya ditemukannya  telepon selular. jaringan internet. dan lainnya. Dengan ditemukan itu semua maka kita dapaat berkomunkasi dengan orang lain secara mudah, meskipun lokasinya jauh dari kita. Seperti disebutkan di atas, terdapat juga sarana internet dengan semakin berkembangnya dan semakin cepatnya koneksi internet maka tidak heran internet ini menjadi semakin populer. dulu ada 1G, 2G, 3G, dan sekarang ini sudah ditemukan 4G LTE dan tentu koneksinya lebih cepat dari yang sebelumnya.

Dengan menggunakan data internet kita juga dapat berkomunikasi dengan orang lain. misalnya saja aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan oranng lain bahkan bisa menggunakan video call, tentu itu semua sangat lebih bermanfaat lagi. Selain itu, dengan internet kita dapat melakukan banyak hal lainnya misalnya menjelajahi planet bumi ini, meskipun hanya dengan duduk manis di depan layar monitor. Sehinnga dengan itu semua kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang kita cari. Apalagi sekarang juga telah hadir google street view yang akan membuat semakin seru untuk menjelajahi kota-kota atau daerah mana saja, tentunya yang  telah dijangkau oleh google sendiri.

Selain komunikasi jarak jauh kita juga dapat bertemu dengan orangnya secara langsung meskipun terpaut jarak yang lumayan jauh, tentunya dengan menggunakan kendaraan yang telah ada, seperti pesawat, kereta cepat. Selain itu ada juga alat untuk menuju ke luar angkasa, adalah Roket. Misalnya Apollo 11 yang diluncurkan pada tanggal 16 Juli 1969 menuju Bulan dan ditumpangi oleh tiga awak yakni Neil Armstrong, Michael Collins dan Edwin Aldrin. Itu semua dapat terjadi karena ditemukannya teknologi yang berkaitan dengan hal tersebut.

Dan itulah mengapa planet Bumi kita ini terasa semakin sempit. Kesimpulannya karena tadi ditemukannya teknologi yang dapat memudahkan kita untuk melakukan hal yang tidak biasa dilakukan orang pada zaman dahulu.

INIITUKEREN

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »