Fakta Menarik Yang Berkaitan dengan Stasiun Luar Ankasa (ISS)

Fakta Menarik Yang Berkaitan dengan Stasiun Luar Ankasa (ISS)

Stasiun Luar Angkasa Internasional
Stasiun Luar Angkasa Internasional

Berdasarkan sumber dari wikipedia, Stasiun Luar Angkasa Internasional adalah sebuah gabungan rencana stasiun luar angkasa, khususnya Mir 2 Rusia, Stasiun Luar Angkasa Freedom Amerika Serikat dan Fasilitas orbital Columbus Eropa. Bila dalam bahasa inggris Stasiun luar angkasa internasional disebut dengan International Space Stations (ISS).

International Space Stations merupakan salah satu pencapaian terbesar yang dilakukan oleh manusia. Badan Antariksa dari Amerika Serikat, Eropa, Rusia, Jepang serta Kanada sudah bergabung untuk mencapai tujuan bersama atas nama ilmu pengetahuan dan teknologi. Peristiwa ini adalah simbol kemajuan teknologi, selain itu, ini juga menjadikan bukti prestasi manusia melalui kolaborasi dan kerja sama tim.

Ada banyak fakta yang menarik untuk di simak yang berkaitan denagan ISS ini, berikut diuraikan di bawah:

1.  Stasiun Luar Angkasa Internasional berfungsi sebagai laboratorium penelitian dan didalamnya memiliki kondisi lingkungan tanpa gravitasi, dimana para tim melakukan penelitian di bidang biologi, kedokteran, kimia, fisika dan fisiologi, serta pengamatan astronomi dan meteorologi.

2.lebih dari satu kali dalam sehari. Stasiun ini memerlukan waktu 92,9 menit dalam satu kali orbit mengelilingi bumi.

3. ISS pertama kali diluncurkan pada tahun 2000 tepatnya pada tanggal 31 Oltober serta merapat pada tanggal 2 November. Dan pada tanggal 2 November 2010 ISS mencatatkan 10 tahun pendudukan manusia di luar anagkasa secara terus menerus.

4. Stasiun Luar Ankasa Internasional terdiri dari panel surya besar, yang membentang dengan luas seperti satu buah lapangan American Football. Dengan luas seperti itu maka tidak heran bila ISS ini bisa dilihat dari Bumi secara langsung. Selain itu beratnya sendiri yakni 375.481 kg.


5. Kompleks ini sekarang memiliki lebih banyak ruangan untuk beristirahat dan memiliki 2 kamar mandi dan satu gym. Dengan begitu maka di atas sana para astronot dalam tugasnya bisa sambil melakukan kegiatan berolahraga.

6. Dapat beroperasi selama 15 tahun, berdasarkan sumber yang saya dapat,  International Space Stations dapat beroperasi selama 15 tahun.

7. Zero gravity yang ditawarkan angkasa luar sangat ideal bagi kegiatan industri mikroelektronika, industri farmasi, dan optis. Gaya berat di luar angkasa sepersejuta kali gaya berat di bumi. Dengan demikian maka disana memungkinkan untuk memisahkan unsur - unsur kimia yang susah dipisahkan di Bumi yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi yang besar bila dibandingkan gravitasi di luar angkasa.

8. Menurut pihak DASA Aerospace - Jerman sekitar 500.000 manusia dibumi mampu dan ingin membayar untuk pergi dan berwisata di luar angkasa dengan biaya yang tidak sedikit untuk ukuran dompet orang Indonesia. DASA sendiri merupakan singkatan dari DaimlerChrysler Aerospace AG merupakan sebuah perusahan dirgantara Jerman.

9. Stasiun luar angkasa yang lokasinya berada 400 km diatas permukaan bumi, semua komponennya tidak dirakit langsung di bumi dan diluncurkan ke luar angkasa secara utuh dan terpasang semua, melainkan ISS ini disusun atau dibangun langsung di luar angkasa. Tapi tidak sehari dua hari, melainkan dapat memakan waktu selama 12 tahun.

10. Sejak modul pertama Zarya diluncurkan tanggal 20 November 1998, ISS sudah mengelilingi planet Bumi sebanyak 68.519 kali atau sekitar 1,7 miliar mil yaitu 2,7 miliar km.

11. Stasiun ini dioperasikan oleh tim ekspedisi yang terdiri atas 6 astronot dan kosmonot, dengan mempertahankan keberadaan manusia di luar angkasa secara terus menerus sejak awal peluncurannya, dan sudah memecahkan rekor keberadaan manusia paling lama di luar angkasa sebelumnya, yang dipegang oleh Stasiun Luar Angkasa milik Rusia, MIR.

manusia di dalam ISS
manusia di dalam ISS

Dan itulah fakta menarik yang berkaitan dengan Stasiun Luar Angkasa atau ISS. Dan semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »