Kesabaran Dalam Menghadapi Cobaan Hidup

Kesabaran Dalam Menghadapi Cobaan Hidup

Kesabaran Dalam Menghadapi Cobaan Hidup

Assalamuallaikum wr. wb.

Hidup di dunia memang tidak selamanya indah, dan tidak selamanya bahagia. Hidup di dunia ini harus dengan usaha dan perjuangan demi sesuatu yang kita harapkan. Seperti Usaha kita untuk menjadi orang yang sabar dalam menghadapi cobaan hidup di dunia ini, supaya kita mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT.

Islam mengajarkan kita untuk bersabar, karena dengan sabar dan pastinya dengan mengingat Allah SWT hati akan tenang. 

Seperti firman Allah SWT dalam Surat  Ali ‘imron (3) Ayat 186 :
لَتُبْلَوُنَّ فِي أَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُوا أَذًى كَثِيرًا وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا فَإِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ (186

Artinya:
186. Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan.

TAFSIR RINGKAS
Syaikh ‘Abdurrahmân as-Sa’di rahimahullah berkata, “Allâh Azza wa Jalla mengabarkan dan mengatakan kepada kaum Mukminin bahwa mereka akan diuji pada harta mereka melalui (perintah untuk) mengeluarkan nafkah-nafkah wajib dan yang sunat serta terancam hilang harta untuk (berjuang) di jalan Allâh Azza wa Jalla . (Mereka juga akan diuji) pada jiwa-jiwa mereka dengan diberi berbagai beban berat bagi banyak orang, seperti jihad di jalan Allah atau tertimpa penyakit.
Sumber: https://almanhaj.or.id/3450-setiap-muslim-akan-menghadapi-ujian-dan-cobaan.html

Oleh sebab itu kita harus bersabar dalam menghadapi berbagai cobaan Dari Allah SWT, Dan ingatlah bahwasanya Sungguh Allah tidak akan menguji suatu kaum melainkan sesuai dengan kemampuannya. Allah tidak akan menguji hamba Nya di luar kemampuan hamba Nya, maka percayalah bahwa di setiap ujian yang Allah berikan kepada kita, kita mampu untuk menghadapinya.

Sungguh terasa nikmat jika kita bersabar selain tidak membuat diri sendiri pusing, kita juga akan diberi banyak hadiah yang diberikan Allah untuk kita diantaranya:

1. Dicintai oleh Allah
وَاللّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِينَ
“Dan Allah Mencintai orang-orang yang sabar.” (QS.Ali Imran:146)
2. Mereka akan diberi balasan dengan tempat yang tinggi
3. Pahala yang tak terbatas
4. Mendapat petunjuk dari Allah SWT
Dan juga hadiah lainnya.

Sungguh memang Allah itu maha penyayang.
jika kita ditimpa suatu musibah hendaknya kita berdo’a, bersabar dan sholat, seperti firmanNya dalam surat Al – Baqarah ayat 153 :

 يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَ الصَّلاَةِ إِنَّ اللهَ مَعَ الصَّابِرِيْن

(153) Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan dengan sabar dan shalat; sesung-guhnya Allah adalah beserta  orang-orang yang sabar.

Nah dalam ayat tadi Allah jelas menyuruh kita untuk bersabar, karena Allah Ta’ala sudah menerangkan bahwa sebaik-baik sarana yang dapat membantu dalam menjalani berbagai musibah adalah kesabaran dan shalat.

Nah mungkin itu artikel kali ini tentang kesabaran semoga dapat menjadikan kita lebih dan lebih sabar dalam menghadapi berbagai cobaan dalam hidup ini. Dan tentunya semoga kita menjadi orang yang dirahmati Allah amiin.

Wassalamuallaikum wr. wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »