Cara Belajar Mengetik Menggunakan 10 Jari

Cara Belajar Mengetik Menggunakan 10 Jari

Assalamuallaikum wr. wb

Kegiatan ketik-mengetik merupakan kegiatan yang pada era modern sekarang ini bisa diibaratkan sebagai makanan sehari-hari, baik itu mengetik pada komputer, smart phone ataupun pada tablet.

Mungkin ada sebagian orang yang merasa bahwa mengetik menggunakan 10 jari itu gampang dan ada pula yang menyebutnya sulit, karena mungkin ada perasaan malas untuk belajar. Berdasarkan pengalaman saya pribadi belajar menulis menggunakan sepuluh jari itu mudah dan tidak memakan waktu yang lama untuk menghafalnya. Tapi mungkin untuk awal-awal memang masih belum semua hafal atau mungkin lupa, karena yang saya rasakan pada awal-awal belajar menggunakan sepuluh jari memang ada yang belum hafal, tetapi itu hanya pada huruf-huruf yang jarang di pakai seperti misalnya z,x, tetapi itu semua berlangsung sebentar, asalkan kita banyak belajar dan latihan.

Pada kesepatan kali ini saya akan menerangkan bagaimana cara mengetik 10 jari, dengan menggunakan keyboard dengan susuna QWERTY. Menggunakan qwerty, tentu karena keyboard dengan susunan tombol seperti ini merupakan susunan tombol keyboard yang paling banyak digunakan. Sedikit informasi, bahwa selain QWERTY ada juga susunan tombol keyboard lainnya, yaitu ada AZERTY, QWERTZ, QZERTY, DPORAK dan COLEMAK.


Bagi anda yang ingin belajar mengetik menggunakan 10 jari dengan cepat dan mudah berikut caranya:


Yang harus diperhatikan pada keyboard, tepatnya pada huruf F dan huruf J terdapat tonjolan, yang berguna sebagai tanda untuk tempat jari telunjuk kita diletakan. Selain itu juga tonjolan pada huruf tadi berfungsi untuk patokan jika kita sudah mengetik tombol yang jauh, seperti misalnya tombol delete, dengan adanya tombol ini maka kita dapat mengembalikan jari telunjuk kita pada posisi seharusnya kembali, Nah untuk selanjutnya bila anda sudah paham tentang manfaar dari tonjolan pada tombol F dan J tadi, maka langsung saja pada kegiatan prakteknya sebagai berikut:

seperti yang sudah saya bahas tadi di atas, tentang huruf f dan j maka langsung saja anda praktekan dengan menaruh jari telunjuk tangan kiri pada huruf 'f' dan jari telunjuk tangan kanan pada huruf 'j' nah setelah itu diikuti pada jari-jari yang lainnya, pada tangan kiri, jari tengah disimpan pada 'd' jari manis 's' dan jari klingking 'a' nah untuk jari-jari pada tangan kanan yaitu jari tengah  pada 'k' jari manis pada 'l' dan jari klingking pada ';/:' nah tadi itu merupakan rumah bagi ke delapan jari tadi

Cara Belajar Mengetik Menggunakan 10 Jari

Nah pada gambar terlihat bahwa ada perbedaan warna, perbedaan warna tersebut merupakan tanda dan coba anda lihat dan samakan dengan warna yang berada pada gambar tangan di bawahnya, 
Jadi begini, kita urut saja dari yang paling kiri yaitu kelingking tangan kiri yakni warna hijau tugasnya yaitu untuk menekan tombol yang ditandai warna hijau paling kiri pada bagian keyboard, untuk selanjutnya tinggal lihat pada gambar dan tinggal diurut saja melanjutkan yang tadi, dan untuk ibu jari atau jempol keduanya bertugas untuk menekan tombol spasi.

Saran saya untuk menghafalnya yaitu dengan cara menekan tombol di keyboard sembari menampilkan dan melihat gambar seperti di atas untuk melihat posisi-posisi huruf dan jangan terlalu sering melihat ke keyboard komputer anda, serta latihlah jari jemari anda supaya jari-jemari anda tidak kaku.

Nah itulah tentang cara belajar mengetik menggunakan 10 jari, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Wassalamuallaikum wr.wb



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »