Jembatan Terindah dan tercantik di Indonesia tahun 2017

Jembatan Terindah dan tercantik di Indonesia 2017

Jembatan merupakan alat untuk melewati suatu rintangan seperti sungai, jurang dan lainnya guna mempermudah kita untuk melaluinya.
Seiring dengan berkembangnya zaman, sehingga semakin banyak pula jembatan yang dibangun di indonesia, juga dengan ciri dari arsitektur bangunannya yang indah sehingga dapat menambah fungsi dari jembatan itu sendiri.

Berikut di bawah ini daftar jembatan terindah dan tercantik di indonesia :

1. Jembatan Barelang

Jembatan. Barelang
Jembatan Barelang


Jembatan Barelang adalah jembatan yang berlokasi di Batam, Provinsi kepulauan Riau dan merupakan ikon dari kota Batam. Jembatan ini memiliki arsitektur yang indah. 
Jembatan barelang sendiri terdiri dari enam jembatan dan semuanya  memiliki namanya masing-masing, berikut nama-nama dari jembatan yang ada di Barelang, jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan i), Nara Singa (jembatan ii), Raja ali haji (jembatan iii), Sultan Zainal Abidin (jembatan iv, Tuanku Tambusai (jembatan v), dan terakhir Raja Kecik (jembatan vi). Pada jembatan Barelang satu dengan nama asli Jembatan Fisabilillah, merupakan jembatan paling besar dari keenam jembatan Barelang.
Pembangunannya sendiri menelan biaya sebesar 400 miliyar rupiah.


2. Jembatan Suramadu


Siapa yang tidak kenal jembatan yang satu ini. Ya jembatan Suramadu, merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang hampir 5,5 kilometer. Jembatan ini menghubungkan kota Surabaya di pulau Jawa dengan pulau Madura, oleh karena itu jembatan ini diberi nama jembatan Suramadu yang merupakan singkatan dari Surabaya Madura. Jembatan Suramadu ini terlihat elok apalagi pada bagian dii sekitar tiang tinggi di bagian tengahnya.


3. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah


Kita bisa melihat langsung keindahan jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah atau bisa juga disebut jembatan Siak ini di Provinsi Riau, tepatnya berada di kabupaten Siak. Jembatan Siak ini menghubungkan antara ibu kota Kabupaten Siak dengan daerah-daerah yang berada di sekitarnya. Jembatan ini diresmikan oleh Pak Presiden saat itu, yakni Pak SBY, pada tanggal 11 agustus 2007. Ada yang unik di Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah ini yaitu, terdapat restoran di puncak tiang penyangga jembatannya.


4. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera merupakan Jembatan yang berada di tengah-tengah kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Jembatan Ampera ini menghubungkan antara daerah sebrang ilir dan sebrang ulu yang terpisah oleh sungai Musi.
Jembatan Ampera sudah menjadi ikon kota Palembang sudah sejak dulu, sehingga namanya sudah sangat melekat dengan kota Palembang.


5. Jembatan Pasupati


Jembatan Pasupati
Jembatan Pasupati

Jembatan Pasupati Adalah jembatan yang menghubungkan bagian timur dan bagian utara kota Bandung. jembatan Pasupati ini melewati lembah Cikapundung. Karena keindahannya Jembatan Pasupati atau jalan layang Pasupati ini menjadi Ikon Kota Bandung.
Selain itu ada yang unik pada Pasupati ini, yaitu pada bawah jembatan Pasupati ini terdapat berbagai tempat yang dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi seperti terdapat tempat bermain skateboard, terdapat taman film dan juga lainnya.


6. Jembatan Kelok sembilan

Pengerjaan jembatan Kelok Sembilan mulai dilakukan pada tahun 2003. Jembatan di kelok sembilan ini terdiri dari enam jembatan dengan panjang 959 meter dan jalan penghubung 1.537 meter.
Dari keenam jembatan yang ada di kelok sembilan, yang paling mencolok dan paling indah adalah bentang jembatan keempat yang merupakan jembatan jenis pelengkung. Jembatan ini terletak sekitar 30 kilometer sebelah timur kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat menuju Riau.



7. Jembatan Merah Putih


Jembatan yang berada di Kota Ambon ini diberi nama Jembatan Merah Putih, karena sebagai lambang perdamaian antara golongan kristen yang disebut golongan merah dan golongan muslim yang disebut golongan putih. disebabkan karena pada tahun 1999 sampai 2002 terjadi konflik sektarian di Maluku.
Karena kemegahan juga keindahannya maka tak heran bila jembatan Merah Putih ini menjadi jembatan kebanggan warga Maluku.


8. Jembatan Kutai Kartanegara

Jembatan yang menjadi Ikon Samarinda ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia.
Jembatan ini pernah roboh pada tanggal 26 November 2011, mulai dibangun kembali pada tahun 2013 dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2015 tepatnya tanggal 8 Desember. Jembatan ini terlihat indah dari bentuk kerangka besinya yang melengkung.


9. Jembatan Palu IV 

Jembatan Palu IV merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan yang ketiga di dunia sesudah Jepang dan Perancis. Peresmian jembatan ini dilakukan pada bulan Mei 2006 oleh Bapa Presiden saat itu yaitu Pak Susilo Bambang Yudhoyono. Seperti namanya jembatan ini berada di kota Palu Sulawesi Tengah.
Jembatan Palu IV menghubungkan antara kelurahan Lere dan kelurahan Besusu. Panjang Jembatan ini yaitu 250 m, dan lebarnya 7,5 m.


10. Jembatan Kenjeran

Jembatan Kenjeran merupakan jembatan yang berlokasi di Surabaya. Jembatan ini memiliki panjang 800 meter. Jembatan Kenjeran ini sangat indah dan juga unik baik itu pada arsitektur jembatannya atau di daerah sekitar jembatannya salah satu keindahan dan keunikannya yaitu terdapat pada air mancur yang menari-nari dengan diiringi lampu-lampu yang berwarna warni.
Tujuan dibangunnya jembatan Kenjeran adalah untuk mengembangkan pada sektor pariwisata di Surabaya.


11. Jembatan Soekarno

Jembatan Soekarno adalah jembatan yang berlokasi di kota Manado. Jembatan ini memiliki panjang 1,127 kilometer. Jembatan Soekarno diresmikan pada tanggal 28 mei tahun 2015. Dari atas jembatan ini kita bisa melihat pemandangan indah di kota Manado.

Nah itulah jembatan-jembatan tercantik yang ada di Indonesia semoga dapat bermanfaat.

bila ada yang kurang atau tak sependapat mohon tuliskan komentar gan terimakasih atas kunjungannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »